PENERAPAN METODE THINK-PAIRS-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN APRESIASI JENIS MOTIF HIAS NUSANTARA PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI GROGOL 02 KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009 / 2010

Susanti D. A. S, Herry (2011) PENERAPAN METODE THINK-PAIRS-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN APRESIASI JENIS MOTIF HIAS NUSANTARA PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI GROGOL 02 KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009 / 2010. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (1892Kb)

    Abstract

    Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah meningkatkan apresiasi siswa terhadap jenis motif hias nusantara pada peserta didik kelas VI SD Negeri Grogol 02 pada tahun ajaran 2009 / 2010 melalui penerapan metode Think-Pairs-Share (TPS). Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas VI tahun ajaran 2009 / 2010 yang berjumlah 17 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dari bulan Februari sampai bulan April 2010 dengan tiga siklus. Setiap siklus tindakan mencakup empat tindakan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Think-Pairs-Share (TPS) dengan kegiatan: 1) Think adalah penyampaian materi; proses pengamatan serta memotivasi peserta didik guna menumbuhkan pemahaman untuk menyampaikan gagasan atau pendapat mengenai pokok bahasan baik secara individu maupun secara kelompok melalui diskusi; 2) Pairs adalah pembentukan kelompok; 3) Share dengan presentasi tugas kelompok. Penerapan Think-Pairs-Share (TPS) dapat meningkatkan apresiasi siswa terhadap jenis motif hias nusantara pada siswa kelas VI SD Negeri Grogol 02 tahun pelajaran 2009 / 2010. Pencapaian peningkatan berdasarkan indikator yaitu: 1) kemampuan siswa dalam mengidentifikasi jenis motif hias nusantara daerah lain pada siklus I mencapai 70,59 %, siklus II meningkat menjadi 80,39 %, dan pada siklus III menurun menjadi 78,43 %; 2) kemampuan siswa dalam mengidentifikasi keunikan jenis motif hias nusantara daerah lain pada siklus I 64,71 %, siklus II meningkat menjadi 79,41%, dan pada siklus III mengalami penurunan menjadi 76,47 %; 3) kemampuan siswa dalam mengekspresikan secara lisan dan tertulis kekaguman terhadap jenis dan keunikan motif hias nusantara daerah lain pada siklus I 77,64 %, siklus II menurun menjadi 74,12 %, dan pada siklus III meningkat menjadi 84,71 %.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Users 860 not found.
    Date Deposited: 23 Jul 2013 04:38
    Last Modified: 23 Jul 2013 04:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8416

    Actions (login required)

    View Item