IDENTIFIKASI LINGKUNGAN STRATEGIS PERUSAHAAN UMUM PERCETAKAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA (PERUM PNRI) CABANG SURAKARTA

SANTOSO, DWI (2010) IDENTIFIKASI LINGKUNGAN STRATEGIS PERUSAHAAN UMUM PERCETAKAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA (PERUM PNRI) CABANG SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (595Kb)

    Abstract

    Dwi Santoso. D0106009. IDENTIFIKASI LINGKUNGAN STRATEGIS PERUSAHAAN UMUM PERCETAKAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA (PERUM PNRI) CABANG SURAKARTA. Jurusan Ilmu Administrasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2010. Perusahaan Umum Percetakan Negara Republik Indonesia (Perum PNRI) Cabang Surakarta pada awalnya merupakan Perusahaan Negara (PN) Lokananta yang merupakan satu-satunya perusahaan rekaman milik negara. PN Lokananta memiliki posisi yang sangat strategis sebagai perusahaan rekaman terkemuka di tanah air serta sebagai pusat arsip lagu nasional. Namun karena perkembangan industri rekaman sangat maju sesuai dengan perkembangan zaman, PN Lokananta tidak mampu bersaing dengan kemunculan perusahaan baru yang sejenis. Oleh karena itu pemerintah memutuskan untuk melikuidasi PN Lokananta melalui Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2001, dengan menetapkan status PN Lokananta menjadi Perum PNRI Cabang Surakarta. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui posisi lingkungan strategis Perum PNRI Cabang Surakarta melalui identifikasi lingkungan internal dan eksternal menggunakan analisis SWOT. Identifikasi lingkungan internal mengacu pada lima indikator yaitu aspek organisasi, aspek SDM, aspek keuangan dan akuntansi, aspek operasi dan produksi, serta aspek pemasaran dan distribusi. Identifikasi lingkungan eksternal mengacu pada dua indikator yaitu lingkungan jauh/ umum dan lingkungan industri. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa posisi lingkungan strategis Perum PNRI Cabang Surakarta memiliki kekuatan pada faktor kualitas SDM, brand image Lokananta, dan jaminan sertifikasi produk, serta memiliki kelemahan pada faktor rencana strategis, kewenangan perusahaan cabang, keuangan perusahaan, dan fasilitas alat produksi. Sementara itu Perum PNRI Cabang Surakarta memiliki peluang pada faktor kemajuan teknologi, jaringan pemasaran, dan kebijakan Pemkot Surakarta, serta memiliki ancaman pada perkembangan format produk, segmentasi konsumen, dan daya beli konsumen. Lebih lanjut, berdasarkan analisis SWOT dan Tes Litmus, diketahui bahwa Perum PNRI Cabang Surakarta menghadapi beberapa isu strategis. Isu-isu yang dinilai sangat strategis yaitu menumbuhkan kreativitas pegawai untuk mengembangkan inovasi produk yang dapat diminati generasi muda, serta partisipasi dalam event-event promosi budaya dan pariwisata Kota Surakarta untuk menarik investor.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
    H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Users 844 not found.
    Date Deposited: 23 Jul 2013 04:17
    Last Modified: 23 Jul 2013 04:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8411

    Actions (login required)

    View Item