EKSPERIMENTASI PENGAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE MENGAJAR KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA PEUBAH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II SEMESTER II SMP AL – ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2004 / 2005

SULISTYANINGRUM, (2006) EKSPERIMENTASI PENGAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE MENGAJAR KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA PEUBAH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II SEMESTER II SMP AL – ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2004 / 2005. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (316Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah : (i) Pengajaran matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua peubah dengan metode kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) menghasilkan prestasi belajar matematika yang secara signifikan lebih baik jika dibandingkan dengan metode konvensional. (ii) Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi akan menghasilkan prestasi belajar matematika yang secara signifikan lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah. (iii) Terdapat interaksi antara metode mengajar matematika dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear dengan dua peubah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu, dengan populasi seluruh siswa kelas II SMP Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2004/2005 yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah 348 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II-H dan kelas II-I yang diambil secara cluster random sampling. Teknik pengambilan data adalah metode dokumentasi untuk data kemampuan awal siswa sebelum eksperimen, metode tes untuk data prestasi belajar siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua peubah, dan metode angket untuk data motivasi belajar matematika siswa. Teknik analisa yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan 2 � 2 dengan sel tak sama. Pengujian analisis dilakukan dengan menggunakan metode Liliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (i) Metode konvensional memiliki keefektifan yang relatif seimbang dengan metode vi kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua peubah (Fhitung = 1.1389 < 3.9740 = Ftabel dan rata-rata baris a1 = 5.6350 < 6.0750 = a2). (ii) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, artinya siswa yang mempunyai motivasi belajar matematika tinggi dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar matematika rendah ternyata menghasilkan prestasi belajar matematika yang relatif sama (Fhitung = 0.2847 < 3.9740 = Ftabel dan rata-rata kolom b1 = 5.965 > 5.745 = b2). (iii) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara metode mengajar dan motivasi belajar matematika siswa terhadap prestasi belajar matematika (Fobs = 0.0993 < Ftabel = 3.974) dengan tingkat signifikansi a = 5%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Users 835 not found.
    Date Deposited: 23 Jul 2013 04:05
    Last Modified: 23 Jul 2013 04:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8403

    Actions (login required)

    View Item