PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GAYA GESEK MELALUI PEMBELAJARAN QUANTUM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 03 KORIPAN MATESIH KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

SETIAWAN, WAHYU (2010) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GAYA GESEK MELALUI PEMBELAJARAN QUANTUM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 03 KORIPAN MATESIH KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (502Kb)

    Abstract

    Wahyu Setiawan. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GAYA GESEK MELALUI PEMBELAJARAN QUANTUM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 03 KORIPAN KECAMATAN MATESIH KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi, Surakarta: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep tentang ” Gaya Gesek” dalam pembelajaran IPA melalui model quantum pada siswa kelas V SD Negeri 03 Koripan, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2009/ 2010. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Koripan, Matesih, Karanganyar dengan jumlah siswa 24 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan), wawancara, kajian dokumen, dan tes. Faliditas data menggunakan trianggulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini adalah (1) Nilai rata-rata kelas kemampuan tentang gaya gesek pada aspek kemampuan memahami konsep gaya gesek 57%, Kemampuan membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda 54%, Kemampuan mengelompokkan peralatan dalam kehidupan sehari-hari 54%, Kemampuan mendemonstrasikan berbagai cara memperbesar dan memperkecil gaya gesek 55%, dan ketuntasan hasil belajar 55%. (2) Nilai rata-rata kelas pemahaman tentang gaya gesek pada aspek Kemampuan memahami konsep gaya gesek 66%, Kemampuan membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda 66%, Kemampuan mengelompokkan peralatan dalam kehidupan sehari-hari 67%, Kemampuan mendemonstrasikan berbagai cara memperbesar dan memperkecil gaya gesek 66%, dan ketuntasan hasil belajar 67%. (3) Nilai rata-rata kelas pemahaman tentang gaya gesek pada aspek Kemampuan memahami konsep gaya gesek 77%, Kemampuan membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda 78%, Kemampuan mengelompokkan peralatan dalam kehidupan sehari-hari 78%, Kemampuan mendemonstrasikan berbagai cara memperbesar dan memperkecil gaya gesek dan menerapkan konsep gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari 78%, dan ketuntasan hasil belajar 77%. Kesimpulan penelitian ini adalah Proses pembelajaran quantum meningkatkan pemahaman konsep tentang tentang gaya gesek pada siswa kelas V SD Negeri 03 Koripan, Matesih, Karanganyar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Users 844 not found.
    Date Deposited: 23 Jul 2013 02:16
    Last Modified: 23 Jul 2013 02:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8389

    Actions (login required)

    View Item