PROFIL KESULITAN SISWA KELAS VIII DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (Penelitian Dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011)

SARI, MAHARANI KARTIKA (2011) PROFIL KESULITAN SISWA KELAS VIII DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (Penelitian Dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1911Kb)

    Abstract

    Maharani Kartika Sari. PROFIL KESULITAN SISWA KELAS VIII DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (Penelitian Dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011) , Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juli 2011. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kesulitan siswa kelas VIII dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/ 2011 pada kelas VIII-A dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dipilih siswa dengan kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah. Pengambilan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Data tentang kemampuan awal siswa diperoleh dari dokumentasi hasil ulangan harian materi sistem persamaan linear dua variabel. Sedangkan data tentang profil siswa diperoleh dari hasil tes tertulis dan hasil wawancara. Validasi data dilakukan dengan triangulasi metode. Analisis data dilakukan melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini mengacu pada penelitian yang dilakukan Yeo (2009) mengenai kesulitan yang dialami siswa kelas VIII dalam memecahkan masalah matematika. Dari hasil analisis data ditunjukkan bahwa dalam memecahkan masalah matematika, siswa dengan kemampuan awal tinggi dan rendah mengalami kesulitan memahami masalah yang diberikan (kesulitan jenis 1) yang tidak dialami oleh siswa dengan kemampuan awal sedang. Selanjutnya, baik siswa dengan kemampuan awal tinggi, sedang, maupun rendah mengalami kesulitan dalam menentukan strategi penyelesaian yang tepat (kesulitan jenis 2), kesulitan dalam membuat kalimat matematika (kesulitan jenis 3), dan kesulitan dalam melakukan prosedur matematik yang benar (kesulitan jenis 4).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 23 Jul 2013 02:14
    Last Modified: 23 Jul 2013 02:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8388

    Actions (login required)

    View Item