KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT DI TINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

, SURANTO (2010) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT DI TINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (0b)

    Abstract

    Suranto, 2010. Keefektifan pembelajaran model problem based learning terhadap hasil belajar matematika pada kompetensi dasar persamaan dan fungsi kuadrat di tinjau dari motivasi belajar siswa. Tesis: Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari jawaban atas permasalahan : (1) apakah Pembelajaran Problem Based Learninglebih efektif daripada pembelajaran Ekspositori? (2) Apakah siswa yang tinggi motivasi belajarnya mencapai hasil belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang sedang motivasi belajarnya dan apakah siswa yang sedang motivasi belajarnya mencapai hasil belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang rendah motivasi belajarnya?(3) Apakah perbedaan hasil belajar matematika antara pembelajaran Problem based Learningdan pembelajaran ekspositoritergantung pada motivasi belajar?. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian eksperimen semu yang dirancang dengan desain faktorial (2 x3 ) dikenakan terhadap siswa kelas X SMA Negeri Demak pada semester pertama tahun pelajaran 2009/2010. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 176 responden yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data penelitian kuantitatif dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes, angket, dan dokumentasi data sekolah. Validitas isi dari instrumen tes dan angket diperiksa oleh validator. Reliabilitas instrumen tes ditentukan dengan menggunakan KR-20, dena reliabilitas instrumen angket dihitung dengan menggunakan alpha.Hasil análisis mengenai instrumen menunjukkan bahwa instrumen penelitian valid dan reliabel untuk digunakan mengambil data. Uji prasyarat análisis variansi yang dilakukan adalah uji Lillieforsuntuk mengetahui normalitas populasi dan uji Barlettuntuk mengetahui homogenitas variansi. Untuk taraf signifikansi α = 0,05 dapat diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil análisis variansidua jalan dengan sel tak sama untuk taraf signifikansi α = 0,05 adalah : (1) Fa= 4,172 > 3,84 yang berarti bahwa hasil belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran Problem Based Learninglebih baik daripada siswa yang diberikan pembelajaran ekspositori yang berarti pembelajaranProblem Based learning lebih efektif dari pada pembelajaran ekspositori, (2) Fb= 11,50 >3,00, yang berarti bahwa hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik daripada hasil belajar siswa yang sedang motivasi belajarnya dan hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar sedang lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang rendah motivasi belajarnya, dan (3) Fab= 0,043 < 3,00, yang berarti bahwa tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dapat dilihat dari kenyataan bahwa karateristik perbedaan hasil belajar matematika siswa untuk pembelajaran Problem Based Learningdengan ekspositoriadalah sama untuk masing-masing kategori motivsi belajar. Dengan kata lain, terdapat konsistensi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Dengan demikian pembelajaran Problem Based learning lebih efektif daripada pembelajaran ekspositorijika ditinjau dari masing-masing motivasi belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Users 844 not found.
    Date Deposited: 23 Jul 2013 02:01
    Last Modified: 23 Jul 2013 02:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8384

    Actions (login required)

    View Item