PENGARUH METODE OUTBONDDAN MINAT BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA (Eksperimenpada Siswa Kelas VIII MTsN Kebumen 2 dan MTsN TriwarnoKutowinangun Kebumen)

Sriwi, Rahayu (2010) PENGARUH METODE OUTBONDDAN MINAT BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA (Eksperimenpada Siswa Kelas VIII MTsN Kebumen 2 dan MTsN TriwarnoKutowinangun Kebumen). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (530Kb)

    Abstract

    Sriwi Rahayu. S840908117.2010.Pengaruh Metode Outbond dan Minat Belajar terhadap Keterampilan Berbicara Siswa (Eksperimen pada Siswa Kelas VIII MTsN Kebumen 2 dan MTsN Triwarno Kutowinangun Kebumen).Tesis: Program Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya perbedaanantara keterampilan berbicarasiswa yang diajar dengan metode outbond dan siswa yang diajar denganmetodekonvensional; (2) ada tidaknya perbedaan keterampilan berbicaraantara siswa yang memiliki minatbelajar tinggi dan siswa yang memiliki minatbelajar rendah; dan (3) terdapat tidaknya interaksi antara metode outbond dan minat belajar dalam mempengaruhi keterampilan berbicara siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa MTsN Kebumen 2 dan MTsN Triwarno Kutowinangun Kebumen; sedangkan sampel penelitian diambil siswa kelas VIII sebanyak 80 siswa, yang dirinci 40 siswa untuk kelas eksperimen diambil dari MTsN Kebumen 2, dan 40 siswa yang lain untuk kelas kontrol atau pembanding diambil dari MTsN Triwarno Kutowinangun Kebumen. Sampel tersebut diambil dengan teknik two stage randomsampling. Teknik pengumpulan data keterampilan berbicara digunakan tes berbicara, dan data minatbelajar digunakan angket. Teknik analisis data menggunakan Analisis Varian Dua Jalur. Hasil penelitian adalah (1) ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan berbicara siswa yang diajar dengan metode outbonddan siswa yang diajar dengan metode konvensional. Hal ini terlihat pada perolehan hasil Fhsebesar 63,16 > Ft sebesar 3,97 pada taraf α= 0,05 dengan dk pembilang 1 dan dk penyebut 76; (2) ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan berbicarasiswa yang memiliki minat belajar tinggi dan siswa yang memiliki minatbelajar rendah. Hal ini terlihat pada perolehan hasil Fhsebesar 95,85 > Ft sebesar 3,97 pada taraf α = 0,05 dengan dk pembing 1 dan dk penyebut 76; dan (3) terdapat interaksi yang signifikan antara metode outbonddan minatbelajar dalam mempengaruhi keterampilan berbicara siswa. Hal ini terlihat pada perolehan hasil Fhsebesar 20,72 > Ft sebesar 3,97 pada taraf α = 0,05 dengan dk pembing 1 dan dk penyebut 76

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Faisal Adhinata
    Date Deposited: 23 Jul 2013 00:10
    Last Modified: 23 Jul 2013 00:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8361

    Actions (login required)

    View Item