PENGUKURAN KINERJA KARTU SELULER SMART BERDASARKAN ATRIBUT-ATRIBUT YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGANNYA(STUDI KASUS WILAYAH SURAKARTA)

WIDYANINGRUM, DZAKIYAH (2010) PENGUKURAN KINERJA KARTU SELULER SMART BERDASARKAN ATRIBUT-ATRIBUT YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGANNYA(STUDI KASUS WILAYAH SURAKARTA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (831Kb)

    Abstract

    Smart dikeluarkan pada bulan September 2007 oleh perusahaan Smart-Telecom. Kartu Smart hanya dapat diaktifkan di ponsel CDMA dual band atau single band 1900 MHz. Kartu seluler ini membidik segmen penggemarinternet, sehingga Smart menawarkan akses internet tercepat dan termurah pada iklan-iklannya. Smart juga menawarkan berbagai macam fitur seperti kartu seluler lainnya. Fitur yang ditawarkan Smart berupa fitur umum dan tambahan. Fitur umum ini diantaranya adalah sms, telepon baik nasional maupun internasional, pengisian pulsa dari elektrik maupun voucher dan lain sebagainya. Sedangkan fitur tambahan yang ditawarkan Smart antara lain conference call, call waiting & hold, private number dan lain sebagainya. Selain fitur tersebut, Smart juga menawarkan fasilitas berupa tarif murah, Smart M@il, sms konten seperti pantun lucu, wisata, religi dll, Music 357, Smart Tone 2525 dan juga terdapat layanan program interaksi Smart Funtastic 2. Smart juga melakukan promo dengan menawarkan gratis internet tanpa batas dengan isi pulsa minimal 50 ribu rupiah, beli HP Smart gratis bicara 1 tahun penuh dan beli HP Smart dapat gratis tiket Ocean Park. Smart jugalah yang pertama kali mengeluarkan inovasi HP modem internet. Menurut wawancara dengan pihak Smart Telecomdiketahui bahwa kartu seluler Smart merupakanCDMA nomor1di Surakarta. Haltersebut dibuktikan dengan market share CDMA di kota Surakarta yang ditunjukkan pada gambar 1.1. Jumlah (kuantitas) pengguna Smart sampai saat ini tertinggi, yaitu sebanyak 5000 pengguna, mengalahkan Flexi (3152 pengguna) dan Star one(3000 pengguna). Suatu produk jika memiliki market share yang tinggi tentunya akan diikuti dengan kepuasan pengguna yang tinggi. Kinerja suatu produk bergantung pada kepuasan konsumen terhadap produk tersebut, sehingga persepsi konsumen penting dalam menilai kinerja suatu produk. Pembentukan dimensi dalam penelitian ini berdasarkan perspektif pelanggan. Jadi, kinerja dalam penelitian ini merupakan kinerja perusahaan dari perspektif pelanggan. Untuk itu penelitian ini mengambil judul “PENGUKURAN KINERJA KARTU SELULER SMART BERDASARKAN ATRIBUT-ATRIBUT YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGANNYA” agar dapat diketahui bagaimana kepuasan pengguna Smart, faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna Smart, sehingga dapat diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Smart, bagaimana kinerja Smart menurut persepsi pengguna, dan faktor-faktor yang kinerjanya masih buruk,sehingga Smart Telecom dapat meningkatkan kinerjanya berdasarkan prioritas menurut penggunanya dan mempertahankan konsumennya, bahkan meningkatkanjumlah penggunanya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    T Technology > TS Manufactures
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Andika Setiawan
    Date Deposited: 23 Jul 2013 00:08
    Last Modified: 23 Jul 2013 00:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8359

    Actions (login required)

    View Item