Tinjauan kegiatan promosi pada pt. Bpr bina sejahtera insani (binsani) palur, karanganyar

Purnomo, Heri (2003) Tinjauan kegiatan promosi pada pt. Bpr bina sejahtera insani (binsani) palur, karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (180Kb)

    Abstract

    Pemasaran merupakan salah satu faktor penting yang turut mempengaruhi kemajuan suatu perusahaan. Hal ini tidak terlepas kaitannya dengan semakin tajamnya persaingan antar perusahaan. Perbankan dalam hal ini perlu menerapkan konsep pemasaran. Konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen atau nasabahnya. Pemasaran modern tidak hanya membutuhkan pengembangan produk atau jasa yang baik, penetapan harga yang menarik, serta lancarnya arus distribusi produk atau jasa. Tetapi perusahaan harus pula mengadakan komunikasi atau promosi kepada nasabah dan calon nasabah. Promosi merupakan kunci keberhasilan penyampaian produk atau jasa kepada nasabah atau calon nasabahnya. Tujuan yang hendak dicapai dari penyusunan laporan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT. BPR BINSANI Palur, Karanganyar. Metodologi penyusunan laporan tugas akhir ini adalah dengan studi pustaka dan wawancara dengan pihak-pihak yang terkait. Kegiatan promosi dalam suatu perusahaan meliputi saluran komunikasi pribadi atau personal dan saluran komunikasi non personal yang meliputi periklanan, personal selling, sales promotion dan publisitas. Penulis akan membandingkan teori yang diperoleh dengan praktek pada PT. BPR BINSANI. Saluran komunikasi personal kelebihannya adalah bahwa masyarakat lebih mempercayai informasi yang diperoleh dari keluarga, teman, tetangga atau orang terdekatnya. kekurangannya perusahaan hanya menunggu datangnya calon nasabah tanpa suatu usaha pendekatan pada calon nasabahnya. Kelebihan saluran komunikasi non personal perusahaan mengadakan pendekatan persuasif tentang produk yang ditawarkan kepada nasabah dan calon nasabahnya. kekurangannya, promosi kurang mendapat perhatian sehingga perusahaan praktis hanya menunggu nasabah datang sendiri. Berdasarkan hasil dari penyusunan laporan penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa kegiatan promosi yang dilakukan PT. BPR BINSANI melalui saluran komunikasi personal sangat efektif, mengingat masyarakat lebih percaya pada referensi keluarga, teman, tetangga atau orang terdekatnya, sehingga media ini mampu menjaring calon nasabah yang maksimal. Saran yang dapat penulis berikan adalah, agar komunikasi personal berjalan dengan baik, maka perusahaan harus menciptakan pemimpin opini (orang yang berpengaruh) dengan memberikan bujukan-bujukan supaya mengajak keluarga, teman, tetangga atau orang terdekatnya dan juga perusahaan memberikan pelayanan yang tepat, cepat, akurat serta memuaskan nasabahnya

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Users 835 not found.
    Date Deposited: 23 Jul 2013 00:02
    Last Modified: 23 Jul 2013 00:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8351

    Actions (login required)

    View Item