PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 1 SRAGEN

SUWARNI, ENDANG SRI (2009) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 1 SRAGEN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (241Kb)

    Abstract

    Endang Sri Suwarni,NIM : X8806504. Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan bercerita Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas II SD Negeri I Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian Tindakan Kelas. PGSD Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNS 2009. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas II SD Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010, dikarenakan adanya permasalahan yaitu hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya kemampuan bercerita masih rendah. Melalui media gambar permasalahan ini dicoba untuk diperbaiki dan ditingkatkan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bercerita melalui penggunaan media gambar pada siswa kelas 1I SD Negeri 1 Sragen tahun pelajaran 2009/2010. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada tahap observasi observer dan peneliti melakukan pengumpulan data dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran melalui penggunaan media pias-pias kata pada pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada saat proses pembelajaran pada indicator partisipasi aktif pada siklus I 66,42 % menjadi 95 % pada siklus II meningkat 28,58%. Kemampuan guru dalam menggunakan media gambar kondisi awal 2,02 dalam criteria cukup baik menjadi 3,02 pada siklus I dan menjadi 3,42 dalam criteria sangat baik pada siklus II. Hasil belajar siswa pada tes akhir presentasi siswa tuntas belajar pada kondisi awal 12,50 % menjadi 50 % pada siklus I dan meningkat menjadi 95 % pada siklus II. Nilai rata-rata juga mengalami peningkatan dari 57,50 padakondisi awal menjadi 66,25 pada siklus I dan pada siklus II 76,50.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Users 844 not found.
    Date Deposited: 22 Jul 2013 23:39
    Last Modified: 22 Jul 2013 23:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8335

    Actions (login required)

    View Item