PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA JAWA KRAMA MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA KOMUNIKATIF PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 SALAKAN KECAMATAN TERAS KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2009

Wiranto, Djoko (2009) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA JAWA KRAMA MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA KOMUNIKATIF PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 SALAKAN KECAMATAN TERAS KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2009. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (144Kb)

    Abstract

    DJOKO WIRANTO, NIM X 8906514.PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA JAWA KRAMA MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA KOMUNIKATIF PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 SALAKAN KECAMATAN TERAS KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2009. PTK Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, Tahun 2009. Tujuan PTK ini adalah : untuk meningkatkan nilai hasil belajar para siswa, dan untuk meningkatkan kemampuan para siswa dalam keterampilan berbahasa jawa krama, dimana dengan berbahasa jawa krama yang baik sangat bagus pengaruhnya terhadap pembentukan kehalusan budi dan sikap mau menghormati orang lain. Dalam penelitian ini yang merupakan populasi adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Salakan, UPT Dikdas dan LS Kecamatan Teras tahun pelajaran 2009/ 2010 sebanyak l2siswa. Dan yang menjadi sampel adalah keseluruhan siswa. Teknik pengumpulandata terhadap obyek penelitian adalah melalui 2 siklus. Sebelumnya dipersiapkan terlebih dahulu suatu Rencana Pembelajaran.untuk masing-masing siklus. Penyajiandata pada penelitian ini pada dasarnya merupakan penelitian deskriptif. Data berupa data primer yang diperoleh dari hasil penilaian proses, tes formatif dan tes perbuatan. Data yang berupa keterangan nama siswa, nilai siswa sebelum diadakan tindakan, dan daftar hadir diperoleh dengan metode dokumentasi. Analisis data mengacu pada nilai ketuntasan belajar dengan ketentuan nilai < 75 dianggap belum tuntas, dan nilai > 75 dianggap telah tuntas. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-ratapada siklus 1 adalah tes tertulis 80, tes lisan 83, dan tes perbuatan 74. Sedangkan nilai rata-rata pada siklus 2 adalah nilai tertulis85, nilai lisan 85, dan nilai perbuatan 79. Ini berarti pembelajaran bahasa yang komunikatif dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbasa jawa krama di SD Negeri 2 Salakan Tahun 2009.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Faisal Adhinata
    Date Deposited: 22 Jul 2013 23:29
    Last Modified: 22 Jul 2013 23:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8326

    Actions (login required)

    View Item