UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE STAD DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA POKOK BAHASAN UNSUR-UNSUR FISIK WILAYAH INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 SIDOHARJO SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Sunarni, (2009) UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE STAD DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA POKOK BAHASAN UNSUR-UNSUR FISIK WILAYAH INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 SIDOHARJO SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img] PDF - Published Version
Download (103Kb)

    Abstract

    Sunarni, UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE STAD DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA POKOK BAHASAN UNSUR-UNSUR FISIK WILAYAH INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 SIDOHARJO SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa melalui metode STAD (Student Teams Achievement Division) dalam pembelajaran IPS Geografi pada pokok bahasan unsur-unsur fisik wilayah Indonesia pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Sidoharjo Sragen. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah kelas VIII C SMP Negeri 1 Sidoharjo Sragen dengan jumlah siswa 39 yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Penelitian dilakukan di kelas VIII C pada Bulan Oktober- November tahun 2008 pada semester I tahun ajaran 2008/2009. Lingkup materi adalah unsur-unsur fisik wilayah Indonesia. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, metode angket dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran geografi pada pokok bahasan unsur-unsur fisik wilayah Indonesia. Peningkatan minat belajar siswa dalam mengikuti pelajaran IPS Geografi menjadi lebih baik dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dengan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 85%. Dari jumlah siswa kelas VIII C sebanyak 39 siswa sebelum dilakukannya tindakan dengan metode STAD yang mendapat nilai kurang dari 6,5 ada sebanyak 24 siswa (61,5%) dan yang mendapat nilai 6,5 ke atas ada 15 siswa (38,5%) dengan nilai rata-rata 5,9. Setelah dilakukan tindakan dengan metode STAD yang di ikuti oleh 39 siswa yang mendapat nilai kurang dari 6,5 ada 4 siswa (10%) dan yang mendapat nilai lebih dari 6,5 ada 35 siswa (90%). Hal ini terlihat jelas adanya peningkatan hasil belajar yaitu 51,5% (sebelum dilakukan tindakan dengan metode STAD 38,5% menjadi 90% setelah dilakukan tindakan dengan metode STAD). Dari hasil tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa metode STAD dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada kelas VIII C.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: neno sulistiyawan
    Date Deposited: 22 Jul 2013 22:59
    Last Modified: 22 Jul 2013 22:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8299

    Actions (login required)

    View Item