PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PAKEM DI KELAS IV SD SIBELA TIMUR JEBRES KOTA SURAKARTA TAHUN 2008 – 2009

Purwati, Eko (2009) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PAKEM DI KELAS IV SD SIBELA TIMUR JEBRES KOTA SURAKARTA TAHUN 2008 – 2009. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img] PDF - Published Version
Download (2437Kb)

    Abstract

    Eko Purwati. PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PAKEM DI KELAS 4 SD NEGERI SIBELA TIMUR JEBRES SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008 / 2009. Skripsi Surakarta Januari 2009 Tujuan penelitian adalah untuk : ( 1 ) menumbuhkan motivasi belajar matematika dikelas 4 SD Negeri Sibela Timur dengan menggunakan model PAKEM ( 2 ) Memaparkan model PAKEM dalam pembelajaran matematika di kelas 4 yang inovatif. Bentuk penelitian ini dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang dikenal dengan class action research yang terdiri dari beberapa siklus. Setiap siklus mempunyai 4 langkah yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas 4 SD Negeri Sibela Timur yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil tes, dokumentasi, observasi dan perekam gambar atau foto dalam pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan pada siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas 4 SD N Sibela Timur dengan di banding sebelum tindakan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata – rata motivasi belajar matematika yaitu nilai rata – rata sebelum tindakan adalah 5, 74, nilai rata – rata pada siklus 1 adalah 6, 23 dan nilai rata – rata siklus 2 adalah 6, 80.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: neno sulistiyawan
    Date Deposited: 22 Jul 2013 22:37
    Last Modified: 22 Jul 2013 22:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8297

    Actions (login required)

    View Item