UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MODEL KOOPERATIF PENDEKATAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK DASAR BANGUNAN KELAS X TGB SMK NEGERI 5 SURAKARTA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Suwarno, (2010) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MODEL KOOPERATIF PENDEKATAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK DASAR BANGUNAN KELAS X TGB SMK NEGERI 5 SURAKARTA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (557Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping mata pelajaran menggambar teknik dasar bangunan pada siswa kelas X TGB SMKN 5 Surakarta semester 2 tahun pelajaran 2009/2010(2) untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping mata pelajaran menggambar teknik dasar bangunan pada siswa kelas X TGB SMKN 5 Surakarta semester 2 tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian dilaksanakan selama 4 bulan di mulai dari bulan Februari sampai dengan bulan Mei 2010, bertempat di SMK N 5 Surakarta. Adapun sebagai subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TGB (Teknik Gambar Bangunan) dengan jumlah siswa 33 anak. Prosedur penelitian yang digunakan adalah prosedur Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 3 siklus. Sedangkan teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah pada prestasi belajar menggunakan nilai ulangan harian dengan norma penilaian terlampir dan teknik non tes digunakan pada lembar observasi motivasi belajar. Adapun alat pengumpul data berupa nilai prestasi belajar dengan mengerjakan soal ulangan harian dan lembar observasi motivasi belajar siswa, yang diambil selama pelaksanaan tindakan baik pada siklus 1, siklus 2 dan siklus 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui model pembelajaran Mind Mapping mata pelajaran menggambar teknik dasar bangunan pada siswa kelas X TGB tahun pelajaran 2009/2010 dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar mata pelajaran menggambar teknik dasar bangunan kelas X TGB SMK N 5 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010, berdasarkan lembar pengamatan dari siklus 1 ke siklus 2 ke siklus 3 yang dlakukan oleh kolaborator dari kondisi awal ke kondisi akhir terjadi peningkatan dari semua aspek yaitu aspek kerjasama dalam kelompok terjadi peningkatan dari 40% menjadi 87,5% atau meningkat sebesar 47,5 %. Pada aspek interaksi dengan guru terjadi peningkatan dari 30,30% menjadi 90,90% atau meningkat sebesar 60,6%. Pada Aspek tanggung jawab terjadi peningkatan dari 48,48% menjadi 100% atau mengalami peningkatan 51,52%, pada aspek kehadiran terjadi peningkatan dari 96,96% menjadi 100% atau mengalami peningkatan sebesar 3,04%. Dari kondisi awal ke kondisi akhir terjadi peningkatan prestasi belajar dari rata-rata 60,63 menjadi nilai rata- rata 78,30 atau terjadi peningkatan sebesar 29,14% . Kata Kunci : -Mata Pelajaran Gambar Teknik- Sulit- Mind Mapping prestasi dan Motivasi – Model Kooperatif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Andika Setiawan
    Date Deposited: 22 Jul 2013 22:29
    Last Modified: 22 Jul 2013 22:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8293

    Actions (login required)

    View Item