PENGGUNAAN PEMBELAJARAN REMEDIALUNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SDN NGORESAN SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Annahryah, Siti Rohmaning Dyah (2010) PENGGUNAAN PEMBELAJARAN REMEDIALUNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SDN NGORESAN SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1563Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hasil keterampilan membaca menulis permulaan siswa kelas I SDN. Ngoresan dengan menggunakan model pembelajaran remedial. Metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas tempat mengajar, dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktik dan proses dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dalam penelitian ini terbagi menjadi dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN. Ngoresan Surakarta tahun pelajaran 2009/2010 yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran remedial mampu meningkatkan keterampilan membaca menulis permulaan. Hasil penelitian menunjukkan: a) Keterampilan membaca permulaan meningkat; b) Keterampilan menulis permulaan meningkat; c) Siswa yang mencapai KKM berjumlah 14. Penggunanaan Pembelajaran remedial pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terhadap siswa kelas I SDN. Ngoresan Surakarta terbukti dapat meningkatkan keterampilan membaca menulis permulaan. Pada kondisi awal nilai rata – rata kelas untuk membaca 50,33 untuk menulis 49,67, pada siklus I nilai rata – rata membaca meningkat menjadi 57,28 sedangkan menulis menjadi 57,04 dan pada siklus II nilai rata- rata untuk membaca menjadi 71,94 dan menulis 70. Siswa yang mencapai ketuntasan minimal dari kondisi awal 0% meningkat menjadi 35,67% pada siklus I dan 93,33% pada siklus II.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Muhammad Yahya Kipti
    Date Deposited: 22 Jul 2013 22:20
    Last Modified: 22 Jul 2013 22:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8282

    Actions (login required)

    View Item