PENGARUH PENDINGINAN SUHU PREMIUM DAN PENDINGINAN SUHU UDARA MASUK TERHADAP DAYA MESIN SEPEDA MOTOR HONDA FIT –X TAHUN 2008

WASKITOADI, DANINDRA BETET (2010) PENGARUH PENDINGINAN SUHU PREMIUM DAN PENDINGINAN SUHU UDARA MASUK TERHADAP DAYA MESIN SEPEDA MOTOR HONDA FIT –X TAHUN 2008. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (92Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menyelidiki pengaruh variasi pendinginan suhu premium terhadap daya mesin sepeda motor Honda Fit X Tahun 2008, (2) Menyelidiki pengaruh variasi pendinginan suhu udara masuk terhadap daya mesin sepeda Motor Honda Fit X Tahun 2008, (3) Menyelidiki pengaruh variasi pendinginan suhu premium dan variasi pendinginan suhu udara masuk terhadap daya mesin sepeda Motor Honda Fit X Tahun 2008, (4) Menyelidiki daya maksimal yang dihasilkan pada interaksi variasi pendinginan suhu premium dan variasi pendinginan suhu udara masuk pada sepeda Motor Honda Fit X Tahun 2008. Metode penelitian digunakan metode adalah eksperimen, jenis penelitian kuantitatif, dan menggunakan desain eksperimen acak sempurna model tetap. Populasi berupa sepeda motor Honda Fit X Tahun 2008. Sampel penelitian adalah sepeda motor Honda Fit X Tahun 2008 dengan nomor polisi AD 2883 JS nomor mesin HB71E1616506. Teknik sampling menggunakan teknik Purpossive Sampling. Desain eksperimennya adalah desain faktorial AxB di man a A variasi pendinginan suhu premium yaitu premium dengan pendinginan 0% (suhu Standar) dan premium dengan pendinginan menjadi 10 o C sedangkan B variasi pendinginan suhu udara masuk yaitu udara masuk dengan pendinginan 0% (suhu rata-rata lingkungan 28 o C), udara yang didinginkan menjadi 20 o C, 10 o C, serat 5 o C maka terdapat 8 perlakuan di mana setiap perlakuan dilakukan replikasi sebanyak 4 kali sehingga didapat 32 data. Data diperoleh dengan cara pengukuran daya motor digunakan dinamometer. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan, setelah sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas (uji Liliefors) dan uji homogenitas (uji Bartlett). Kemudian dilakukan uji komparasi ganda (uji Scheffe). Selanjutnya dilakukan perhitungan rerata sel. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh antara variasi pendinginan suhu premium terhadap daya mesin sepeda motor Honda Fit X Tahun 2008. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil analisis data yang menyatakan bahwa Fobs = 262,17 lebih besardaripada Ftabel= 7,82 pada taraf signifikasi 1%. Suhu premium standar menghasilkan daya maksimal yang lebih besar daripada premium yang mengalami pendinginan menjadi 10 o C . (2) Ada pengaruh yang signifikan antara variasi pendinginan suhu udara masuk terhadap daya mesin sepeda motor Honda Fit X Tahun 2008. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil analisis data yang menyatakan bahwa F obs= 126,13 lebih besar daripada Ftabel = 4,72 pada taraf signifikasi 1%. Daya maksimal dicapai pada variasi suhu udara 5 o C. (3) Ada pengaruh antara interaksi variasi pendinginan suhu premium dan variasi pendinginan suhu udara masuk terhadap daya mesin sepeda motor Honda Fit X Tahun 2008. Hal tersebut ditunjukkan pada hasil analisis data yang menyatakan bahwa Fobs = 8,00 lebih besar daripada Ftabel = 4,72 pada taraf signifikasi 1%. Premium bersuhu standar dengan udara yang didinginkan menjadi 5 derajat Celcius menghasilkan daya maksimal paling tinggi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Users 847 not found.
    Date Deposited: 22 Jul 2013 22:13
    Last Modified: 22 Jul 2013 22:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8274

    Actions (login required)

    View Item