Optimalisasi kinerja guru dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada mata pelajaran Matematika di SMP Negeri 1 Gondangrejo

Astuti, Rika Puji (2010) Optimalisasi kinerja guru dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada mata pelajaran Matematika di SMP Negeri 1 Gondangrejo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (427Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui sikap dan komitmen guru terhadap pelaksanaan KTSP pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Gondangrejo. (2) Untuk mengetahui upaya guru mengoptimalkan kinerjanya dalam pelaksanaan KTSP pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Gondangrejo. (3) Untuk mengetahui pemahaman guru terhadap isi KTSP serta tanggapan guru terhadap keputusan tentang pemberlakuan KTSP. (4) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam pelaksanaan KTSP pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Gondangrejo. (5) Untuk mengetahui cara mengatasi kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan KTSP pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Gondangrejo. Penelitian ini dapat digolongkan ke dalam penelitian kualitatif, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek pada penelitian ini adalah semua guru mata pelajaran matematika yang mengampu kelas KTSP dan siswa di SMP Negeri 1 Gondangrejo. Data hasil penelitian ini yaitu data hasil dokumentasi, observasi, wawancara dengan guru mata pelajaran matematika yang mengampu kelas KTSP, dan angket yang diisi oleh siswa kelas VIII B dan kelas VIII F. Pada penelitian ini, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan sampling aksidental. Purposive sampling digunakan pada pengambilan 2 guru mata pelajaran matematika yang mengampu kelas VIII di SMP Negeri 1 Gondangrejo. Sampling aksidental digunakan untuk mengambil 2 kelas di SMP Negeri 1 Gondangrejo yang di ampu oleh guru subyek penelitian yaitu kelas VIII B dan kelas VIII F. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Sikap dan komitmen guru terhadap pelaksanaan KTSP pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Gondangrejo adalah mengetahui dan memahami sebatas pada pengertiannya saja, sehingga mereka harus lebih banyak membaca dan mengikuti kajian-kajian mengenai KTSP agar lebih jelas dan memahami. Mereka juga menyetujui atas pemberlakuan KTSP, karena mereka percaya bahwa dengan pemberlakuan kurikulum yang baru dapat memperbaiki dan mengembangkan mutu pendidikan. (2) Upaya guru mengoptimalkan kinerjanya dalam pelaksanaan KTSP di SMP Negeri 1 Gondangrejo dilakukan dengan enam indikator yaitu perencanaan dan persiapan mengajar, penguasaan dan pemahaman materi, penguasaan metode dan strategi mengajar, pemberian tugas-tugas kepada siswa, pengelolaan kelas, penilaian dan evaluasi. (3) Pemahaman guru terhadap isi KTSP terhadap keputusan tentang pemberlakuan KTSP bahwa mereka memahami tentang KTSP sebatas pada pengertiannya saja. Sedangkan tanggapan atas pemberlakuan KTSP, guru yang bersangkutan setuju/ikut saja dan menjalankan sesuai pemahaman yang diperolehnya melalui kajian-kajian dan lain sebagainya. (4) Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dan cara mengatasinya dalam pelaksanaan KTSP di SMP Negeri 1 Gondangrejo adalah dari sekolah mengenai sarana dan prasarana, yaitu buku pegangan siswa terbatas yakni 1 buku untuk 2 orang siswa, peralatan dan penyediaan buku paket matematika di sekolah masih minim. Cara mengatasinya masih belum bisa dipecahkan, hanya saja akan berusaha melengkapi kekurangan-kekurangannya yang masih ada dalam sekolah. Dari siswa, siswa tidak bisa konsentrasi dalam KBM, bagaimana siswa bisa menyerap materi terutama bagaimana dia dapat mengikuti pelajaran, bagaimana siswa mencatat materi pelajaran, dan bagaimana siswa dapat mengerjakan soal yang diberikan oleh guru. Cara mengatasinya dengan memotivasi/mendorong siswa agar sadar dan mau diajak melengkapi kekurangan-kekurangannya yang masih ada. Sedangkan untuk masalah siswa lemah dalam perhitungan, diatasi dengan menggunakan cara memperbanyak latihan yaitu guru membuat penyelesaian apa yang telah diselesaikan oleh guru di dalam kelas itu diulangi lagi hingga siswa bisa mengerti dan memahami.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Users 845 not found.
    Date Deposited: 22 Jul 2013 21:52
    Last Modified: 22 Jul 2013 21:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8253

    Actions (login required)

    View Item