PENGGUNAAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN PADA SISWA KELAS II SDN III POKOH KIDUL WONOGIRI TAHUN 2011

CAHYONINGRUM, NINDYA WULAN (2011) PENGGUNAAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN PADA SISWA KELAS II SDN III POKOH KIDUL WONOGIRI TAHUN 2011. Other thesis, universitas sebelas maret.

[img] PDF
Download (1441Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan pemahaman konsep perkalian melalui penggunaan Pendekatan Matematika Realistik pada siswa kelas II SDN III Pokoh Kidul Wonogiri, (2) meningkatkan keaktifan siswa kelas II SDN III Pokoh Kidul Wonogiri dalam pembelajaran perkalian matematika melalui penggunaan Pendekatan Matematika Realistik Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN III Pokoh Kidul Wonogiri. Teknik analisis menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, (1) ada peningkatan pemahaman konsep perkalian melalui penggunaan Pendekatan Matematika Realistik melalui nilai rata-rata kelas , dari tes awal, siklus I, siklus II dan siklus III diperoleh data 58,12: 73,75: 80,63 dan 86,87. (2) ada peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa dari tes awal, siklus I, II dan III diperoleh data 37,5 %; 68,75 %; 81,25 % dan 100 %. Dengan demikian direkomendasikan bahwa pembelajaran matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik dapat menigkatkan pemahaman konsep perkalian pada siswa kelas II SDN III Pokoh Kidul Wonogiri Tahun 2011. Kata kunci : pemahaman konsep perkalian, penggunaan Pendekatan Matematika Realistik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Users 857 not found.
    Date Deposited: 22 Jul 2013 21:49
    Last Modified: 22 Jul 2013 21:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8252

    Actions (login required)

    View Item