ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA “ASURANSI JIWA BUMIPUTERA SYARIAH SURAKARTA”

Darusman, Hafid (2010) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA “ASURANSI JIWA BUMIPUTERA SYARIAH SURAKARTA”. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (430Kb)

    Abstract

    Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 adalah asuransi jiwa pribumi pertama di Indonesia. Asuransi ini didirikan oleh tiga guru hindia belanda di Magelang. Bumiputera berdiri atas prakarsa seorang guru sederhana bernama M. Ng. Dwidjosewojo - Sekretaris Persatuan Guru-guru Hindia Belanda (PGHB) sekaligus Sekretaris I Pengurus Besar Budi Utomo. Dwidjosewojo menggagas pendirian perusahaan asuransi karena didorong oleh keprihatinanmen dalam terhadap nasib para guru bumi putera (pribumi). Ia mencetuskan gagasannya pertama kali di Kongres Budi Utomo, tahun 1910. Dan kemudian terealisasi menjadi badan usaha sebagai salah satu keputusan Kongres pertama PGHB di Magelang, 12 Februari 1912. Sebagai pengurus, selain M. Ng. Dwidjosewojo yang bertindak sebagai Presiden Komisaris, juga ditunjuk M.K.H. Soebroto sebagai Direktur, dan M. Adimidjojo sebagai Bendahara. Ketiga orang iniah yang kemudian dikenal sebagai "tiga serangkai" pendiri Bumiputera, sekaligus peletak batu pertama industri asuransi nasional Indonesia. AJB Bumi putera 1912 menjadi perusahaan asuransi jiwa nasional yang kuat, modern dan menguntungkan didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) profesional yang menjunjung tinggi nilai-nilai idialisme serta mutualisme. Asuransi yang ditawarkan Bumiputera merupakan produk dalam bentuk investasi dan proteksi yang berkaitan dengan pengurusan keuangan konsumennya. Keunggulanya diantara instrument investasi yang lain adalah memberikan rasa amandan menghilangkan rasa khawatir terhadap resiko keuangan. Asuransi juga menawarkan tersedianya dana hari tua (pensiun), memberi konsumen pembagian laba dan sebagai warisan. Perusahaan asuransi jiwa dalam mengelola dananya diperuntukkan dalam sektor keuangan riil. Bagi negara asuransi berperan sebagai lumbung pajak. Dari masalah tersebut diatas penulis sadar perlunya analisis tingkat kepuasan pelanggan, dan kemudian telah melakukan penelitian dengan judul:“ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA ASURANSI JIWA BUMIPUTERA SYARIAH SURAKARTA”

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Users 851 not found.
    Date Deposited: 22 Jul 2013 21:43
    Last Modified: 22 Jul 2013 21:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8242

    Actions (login required)

    View Item