Hubungan antara Pengarus – Utamaan Anak (Children Mainstreaming) dalam Proses Pembelajaran (Teaching Learning Process) dengan Terwujudnya Sekolah Ramah Anak (Friendly School) {Studi Korelasi Di 7 [Tujuh] Sekolah Dasar di Wilayah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta}

YUDANTO, HARYO (2009) Hubungan antara Pengarus – Utamaan Anak (Children Mainstreaming) dalam Proses Pembelajaran (Teaching Learning Process) dengan Terwujudnya Sekolah Ramah Anak (Friendly School) {Studi Korelasi Di 7 [Tujuh] Sekolah Dasar di Wilayah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta}. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (764Kb)

    Abstract

    Mengingat masih banyaknya kasus – kasus kekerasan terhadap anak dan akibatnya yang sangat kontraproduktif terhadap perkembangan anak dan pendidikannya terutama yang terjadi di lingkungan sekolah maka dewasa ini telah mulai dikembangkan suatu metode baru untuk mengurangi bahkan menghapuskan praktek – praktek kekerasan terhadap anak di lingkungan sekolah melalui apa yang disebut sebagai Sekolah Ramah Anak atau SRA. Salah satu pintu masuk menuju penciptaan Sekolah Ramah Anak adalah dengan diarus – utamakannya anak – anak dalam proses pembelajaran (learning process) yang selama ini masih didominasi oleh gagasan atau ide yang berfokus pada kepentingan guru atau sekolah dan pemerintah tentang bagaimana mendidik anak dan kegiatan – kegiatan apa yang akan dilakukan sekolah dan para guru dalam mendidik anak melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Pendidikan merupakan hal yang penting bagi anak dan pendidikan harus mampu menjamin hak – hak anak sehingga anak akan terlindungi dan dapat memaksimalkan potensi yang dimilikinya. Anak memerlukan kesempatan untuk dapat berkembang yang hal itu menuntut anak untuk mendapatkan kesempatan bagi pengembangan diri serta potensinya.6 Untuk melihat secara lebih jauh dan lebih mendalam mengenai permasalahan ini maka peneliti tertarik untuk melakukan studi terhadap masalah ini di 7 (Tujuh) Sekolah Dasar di wilayah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di wilayah Kabupaten Bantul tersebut telah dibangun sekolah – sekolah dasar kembali setelah dihancurkan bencana gempa 2 tahun lalu.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Penyuluhan Pembangunan
    Depositing User: Users 851 not found.
    Date Deposited: 22 Jul 2013 21:39
    Last Modified: 22 Jul 2013 21:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8235

    Actions (login required)

    View Item