Aktivitas Public Relations dalam peliputan dan sosialisasi speedy edu competition pada PT. Telkom Kandatel Yogyakarta

Fitriyanto, Sigit Nugroho (2010) Aktivitas Public Relations dalam peliputan dan sosialisasi speedy edu competition pada PT. Telkom Kandatel Yogyakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (954Kb)

    Abstract

    Dalam perkembangan zaman yang sangat pesat ini, kebutuhan manusia dalam berkomunikasi ataupun mengetahui dan memperoleh informasi pun semakin meningkat. Media-media atau sarana-sarana komunikasi tak pelik menjadi alat yang menunjang manusia dalam pemenuhan kebutuhan berkomunikasinya. Hampir setiap individu tidak bisa untuk tidak mengkonsumsi media-media tersebut, masyarakat atau khalayak biasanya mencari dan memenuhi kebutuhan mereka akan informasi dan perkembangan berita yang terjadi baik dalam jangkauan daerah, nasional, maupun dalam lingkup internasional. Seiring dengan perkembangan kebutuhan manusia akan informasi inilah dunia perkomunikasian di Indonesia saat ini juga mengalami banyak perubahan dan perkembangan. Mulai dari merebak dan diteriamanya penggunaan handphone yang pada zaman dahulu menjadi barang yang termasuk kebutuhan tersier sampai pada komunikasi secara virtual melalui jaringan internet. Secara umum tidak ada ilmu lain yang sulit untuk didefinisikan seperti public relations. Untuk mendefinisikannya, praktisi public relations bisa menghabiskan waktu yang tidak singkat tanpa hasil yang konkret. Masing-masing menyatakan betapa pentingnya kehumasan dan betapa berbahayanya perusahaan yang tidak memperhatikan proses kehumasan. Mengingat pentingnya peran public relations, yang untuk penguasaannya tidak cukup hanya dengan mempelajari dari buku dan perkuliahan saja, maka penulis memandang perlu untuk meningkatkan kemampuan penulis dengan melakukan Kuliah Kerja Media (KKM). Adapun pelaksanaannya di lakukan pada PT. Telkom Kandatel Yogyakarta, khususnya di divisi Public Relations. Dengan pertimbangan bahwa PT Telkom merupakan lembaga yang mempunyai peran penting di bidang komunikasi dan sekaligus berkewajiban memberikan pelayanan publik yang prima. Seiring dengan perkembangan zaman, dunia pendidikan juga sangat memerlukan komunikasi untuk memperlancar dan mempercepat proses belajar mengajar. Salah satu aktivitas PT Telkom adalah membantu dan mempermudah kelancaran kegiatan belajar di dunia pendidikan antara lain dengan mengeluarkan program Speedy Edu Competition yaitu ajang kompetisi pendidikan dan uji coba pelaksanaan ujian nasional melalui internet secara online yang diselenggarakan oleh PT Telkom dalam rangka berperan serta menyemarakkan majunya pendidikan di Indonesia. Disinilah pentingnya peran public relations dalam mensosialisasikan program tersebut kepada para pelajar supaya pelajar mengerti dan lebih mudah dalam proses belajar. Dari sini kemudian timbul pertanyaan, bagaimana aktivitas Public Relations dalam menjalankan peran sosialisasi speedy edu competition pada PT. Telkom

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Miftahful Purnanda Puspasari
    Date Deposited: 22 Jul 2013 21:11
    Last Modified: 22 Jul 2013 21:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8212

    Actions (login required)

    View Item