PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN PADA ANAK YANG BERKESULITAN BELAJAR MELALUI REMEDIAL TEACHING BAGI SISWA KELAS II MI NEGERI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2007/2008

Fatonah, Siti (2010) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN PADA ANAK YANG BERKESULITAN BELAJAR MELALUI REMEDIAL TEACHING BAGI SISWA KELAS II MI NEGERI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (255Kb)

    Abstract

    Keterampilan membaca dan menulis, khususnya keterampilan membaca harus segera dikuasai oleh para siswa di SD karena keterampilan ini secara langsung berkaitan dengan seluruh proses belajar siswa di SD. Keberhasilan belajar siswa dalam mengikuti proses kegiatan belajar-mengajar di sekolah sangat ditentukan oleh penguasaan kemampuan membaca mereka. Siswa yang tidak mampu membaca dengan baik akan mengalami kesulitan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran untuk semua mata pelajaran. Siswa akan mengalami kesulitan dalam menangkap dan memahami informasi yang disajikan dalam berbagai buku pelajaran, buku-buku bahan penunjang dan sumber-sumber belajar tertulis yang lain. Akibatnya, kemajuan belajarnya juga lamban jika dibandingkan dengan teman-temannya yang tidak mengalami kesulitan dalam membaca. Siswa yang berkesulitan belajar membaca dan menulis permulaan harus memperoleh perhatian yang cukup dari para guru dan secepatnya harus segera ditangani. Kenyataan tersebut tidaklah mustahil apabila ada siswa yang belum dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Hal ini menunjukkan bahwa siswa belum tuntas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan data yang ada di kelas II MI Negeri Boyolali nilai pada semester I tahun pelajaran 2007/2008 dari 50 siswa masih terdapat 14% siswa yang belum terampil dalam membaca menulis permulaan. Berdasarkan data tersebut sebagai seorang guru harus berupaya memberikan bantua-bantuan khusus karena ingin meningkatkan keterampilan membaca menulis permulaan. Mengacu kenyataan di atas, maka untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis permulaan perlu kiranya guru memberikan program pembelajaran yang tepat, yaitu memberikan pembelajaran remediasi. Proses pembelajaran remediasi merupakan salah satu bentuk pelayanan khusus karena disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik kesulitan belajar yang dihadapi siswa. Dari uraian di atas, penulis bermaksud mengadakan penelitian dengan judul “Peningkatan Keterampilan Membaca Menulis Permulaan Pada Anak Yang Berkesulitan Belajar Melalui Remedial Teaching Bagi Siswa Kelas II MI Negeri Boyolali Tahun Pelajaran 2007/2008.”

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: Users 851 not found.
    Date Deposited: 22 Jul 2013 21:08
    Last Modified: 22 Jul 2013 21:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8211

    Actions (login required)

    View Item