METODE PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE BELAJAR SISWA

Nurjanah, (2009) METODE PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE BELAJAR SISWA. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img] PDF - Published Version
Download (446Kb)

    Abstract

    Nur Janah, S850907116. Metode Pembelajaran Concept Attainment Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Tipe Belajar Siswa. Tesis: Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Manakah yang lebih baik antara pembelajaran Concept Attainment dan pembelajaran ceramah dalam pembelajaran matematika. 2). Manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik antara siswa dengan tipe belajar visual, auditif, dan kinestetik. 3). Perbedaan prestasi belajar dengan pembelajaran Concept Attainment dan ceramah pada siswa dengan tipe belajar visual. 4). Perbedaan prestasi belajar dengan pembelajaran Concept Attainment dan ceramah pada siswa dengan tipe belajar auditif. 5). Perbedaan prestasi belajar dengan pembelajaran Concept Attainment dan ceramah pada siswa dengan tipe belajar kinestetik. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2008/2009. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan stratified cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa-siswa dari SMPN 3 Bawen, SMPN I sumowono, dan MTs Sudirman Jimbaran yang masing-masing terdiri dari satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Banyak anggota eksperimen seluruhnya adalah 198 siswa. Uji coba instrumen dilakukan di SMP Islam Sudirman Sumowono dengan banyak responden 32. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes prestasi dan angket tipe belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1). Pembelajaran Concept Attainment memberikan prestasi yang lebih baik daripada menggunakan pembelajaran ceramah dengan FA = 4,29657 > Ftabel = 3,84. 2). Ketiga tipe belajar siswa yaitu, visual, auditif dan kinestetik memberikan prestasi belajar yang sama, dengan FB = 0,76832 < Ftabel = 3,00. 3). Pembelajaran Concept Attainment memberikan prestasi yang lebih baik daripada menggunakan pembelajaran ceramah pada siswa dengan tipe belajar visual. 4). Pembelajaran Concept Attainment memberikan prestasi yang lebih baik daripada menggunakan pembelajaran ceramah pada siswa dengan tipe belajar auditif. 5). Pembelajaran Concept Attainment memberikan prestasi yang yang lebih baik daripada menggunakan pembelajaran ceramah pada siswa dengan tipe belajar kinestetik (FAB = 0,77231 < Ftabel = 3,00).

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: neno sulistiyawan
    Date Deposited: 22 Jul 2013 20:50
    Last Modified: 22 Jul 2013 20:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8206

    Actions (login required)

    View Item