PROSES PRODUKSI IKLAN MEDIA CETAK PADA NERO ADVERTISING SURAKARTA

ARIMA, YOSEPHINE (2011) PROSES PRODUKSI IKLAN MEDIA CETAK PADA NERO ADVERTISING SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2507Kb)

    Abstract

    Dalam perkembangan industri perdagangan yang semakin pesat, kebutuhan akan adanya industri periklanan berkembang seiring dengan majunya zaman dalam bertumbuhnya era industri dan perdagangan besar. Hal itulah yang mendorong adanya kebutuhan akan promosi lewat peran iklan yang dianggap mampu mempengaruhi sebagai salah satu bentuk seni persuasi yang membujuk khalayak dalam meningkatkan jumlah penjualan. Iklan merupakan salah satu cara yang dapat membujuk konsumen agar mampu membeli suatu produk yang ditawarkan, karena itu perusahaan berupaya memilih media iklan yang tepat yang sesuai sehingga dapat menjangkau pembeli secara luas dan dalam waktu yang relatif singkat. Dalam dunia usaha sekarang ini iklan dirasakan sebagai suatu kebutuhan dan penunjang yang sangat penting akan keberhasilan usaha dalam menawarkan barang dan jasanya. Dengan demikian iklan adalah suatu sarana yang sangat tepat dalam proses pemasaran produk dan jasa untuk mencapai konsumen. Dalam istilah lain iklan dapat diartikan sebagai salah satu media yang efektif dan komunikatif sekaligus mempunyai peranan yang besar dalam fungsinya sebagai pesan yang informatif. Oleh sebab itu iklan adalah suatu cara sarana promosi yang relatif menarik perhatian konsumen dan bersifat menjual. Iklan tidak begitu saja muncul lewat suatu media tetapi melalui proses yang sangat panjang yang diatur sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan suatu karya yang kreatif dan persuasif. Melihat kenyataan tersebut maka produksi iklan dengan kualitas dan hasil yang baik akan membuat tujuan pemasaran menjadi tercapai. Dengan ini akan banyak timbul dan berkembangnya praktisi periklanan untuk memajukan usaha periklanan dengan cara memunculkan ide baru yang lebih efektif dan efisien. Kegiatan pembuatan iklan memerlukan kerjasama yang sangat baik dan serasi sehingga dapat menghasilkan ide atau gagasan yang satu karya dan berdaya guna. Dan bagian produksilah yang memegang peranan penting dan mempunyai tugas paling berat, karena suatu iklan dapat tercipta melaui proses produksi dari tahap dasar ke tahap akhir sampai hasil jadi yang dapat dinikmati oleh konsumen. Dilihat dari hal tersebut, maka bagian produksi memegang peranan penting pada suatu perusahaan periklanan, yaitu sebagai bagian yang sangat bertanggung jawab terhadap perancangan dan pembuatan suatu iklan, sehingga menjadi suatu bentuk penyampaian suatu produk yang nantinya akan diiklankan menjadi suatu bentuk yang nyata. Suatu iklan yang kreatif harus sesuai dengan konsep kreatif yang dituangkan dalam sebuah desain yang kemudian direalisasikan dalam proses produksinya melalui tahapan – tahapan serta proses yang panjang serta keterampilan tersebut wajib dimiliki oleh tenaga – tenaga yang propesional dan memiliki daya kreatifitas yang sangat tinggi. Agen iklan memiliki kelebihan kemampuan dalam cara menyampaikan ide yang meyakinkan melalui berbagai cara, menyampaikan ide – ide tersebut secara khalayak dengan bahasa yang layak, dan membuat khalayak memberikan perhatian tertentu atas dasar yang mereka lihat, dengar dan atau keduanya. Hal ini membuat Nero Advertising Surakarta memahami hal itu sebagai biro iklan daerah. Berdasarkan kepercayaaan klien biro iklan ini mampu bersaing dan mendapatkan perhatian dari masyarakat setempat. Dengan adanya klien yang merasakan hasil dari iklan yang telah dibuat oleh Nero Advertising Surakarta, semakin banyak pula hal- hal baru dari setiap kliennya yang memiliki produk baru yang dibuat berbagai macam iklan media cetak oleh perusahaan ini yang dirasa mampu bersaing sekaligus mampu menarik perhatian khalayak. Dengan visi dan misi dari perusahaan tersebut yang mampu bersaing dengan biro iklan yang besar dan mampu menarik banyak khalayak untuk melakukan pemasaran produk dan mampu menarik banyak khalayak untuk melakukan pemasaran produk dan mengiklankan produk atau jasa yang telah dibuatnya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Users 865 not found.
    Date Deposited: 22 Jul 2013 20:16
    Last Modified: 22 Jul 2013 20:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8186

    Actions (login required)

    View Item