PROSES PRODUKSI IKLAN MEDIA LUAR RUANG (OUTDOOR) DI NERO ADVERTISING SURAKARTA

NUGROHO, AGNES CAHYO (2011) PROSES PRODUKSI IKLAN MEDIA LUAR RUANG (OUTDOOR) DI NERO ADVERTISING SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1874Kb)

    Abstract

    Kemajuan era globalisasi ini semakin memacu berbagai bidang untuk terus berkembang, salah satunya bidang teknologi komunikasi. Hal ini senantiasa menjadi ukuran bagi kemampuan dan kualitas sumber daya manusia bidang teknologi komunikasi. Dengan keadaan seperti inilah manusia dituntut agar dapat memproduksi, mengola dan mendistribusikan berbagai informasi kepada masyarakat. Perkembangan dunia usaha (bisnis) yang semakin modern saat ini menuntut para pelaku (bisnis) untuk bersaing secara ketat dalam merebut pangsa pasar di masyarakat luas. Para pengusaha berusaha menyatukan dan menyelaraskan antara kemajuan teknologi komunikasi tersebut dengan daya imaginative dan kreatifitas karena sehebat apapun teknologi itu berkembang tanpa disertai dengan kreativitas, dapat diibaratkan seperti sayur tanpa garam. Begitu pula suatu produk, tanpa proses pengenalan produk tersebut kepada konsumen, maka konsumen pun juga tidak akan mengenal produk tersebut. Semakin benyak munculnya produk - produk baru mengharuskan para pelaku usaha bersaing ketat dalam menggunakan media iklan yang baik dan tepat serta memahami keunggulan-keunggulan produk yang mereka hasilkan agar menarik minat para konsumen sebanyak-banyaknya, sehingga produk- produk yang mereka hasilkan akan laku secara maksimal dipasaran, dan menjadi pilihan utama bagi para konsumen. Secara tidak langsung hal itu mengakibatkan semakin selektifnya para calon konsumen dalam memilih dan menggunakan produk tersebut, karena mereka juga tidak mau kecewa apabila dalam memilih suatu produk itu, ternyata kualitasnya tidak seperti yang mereka inginkan. Untuk mempertahankan posisi dimata para konsumennya agar tidak berpindah ke produk lain, advertising agency juga harus menemukan suatu formula atau inovasi-inovasi baru sebagai strategi creative dalam penggunaan media iklan, karena dengan media-media iklan tersebut merupakan salah satu upaya dalam mempertahankan keunggulan kualitas dan dapat merebut pangsa pasar yang dituju sehingga semakin dikenal oleh para konsumen secara luas dan lebih berkualitas. Secara tidak langsung muncullah suatu persaingan- persaingan positif dalam mengembangkan suatu kreativitas untuk dapat menghasilakan suatu karya terbaik dan berkualitas bagi klien. Dengan demikian dapat menghasilakn creator - creator seni iklan di dunia sehingga meningkatkan kemajuan dan perkembangan dunia periklanan di Indonesia yang semakin baik dari masa ke masa. Agar iklan menjadi lebih optimal maka perlu adanya strategi perencanaan iklan dengan melihat terlebih dahulu segmentasi pasar yang akan diapakai acuan dalam membuat iklan. Strategi-strategi yang akan dilakukan dapat dipilih dengan disesuaikan terhadap segmentasi pasar yang akan dituju. Ketepatan dalam memilih suatu strategi periklanan akan berdampak luas terhadap citra (image) dari produk suatu perusahaan. Sejalan dengan ini Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Program Diploma III Komunikasi Terapan Jurusan Periklanan Universitas Sebelas Maret Surakarta mengadakan Kuliah Kerja Media (KKM) 2011 dengan maksud untuk mempersiapkan tenaga prefesional khususnya yang bergerak pada bidang periklanan (Advertising). Sistem pendidikan diwujudkan untuk membekali mahasiswa melalui pengetahuan teori dan praktek yang disebut Kuliah Kerja Media (KKM) dengan harapan agar dapat memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mengembangkan wawasan teoritis serta wawasan kerja atau praktek secara seimbang dalam dunia kerja. Pelaksanaan Kuliah Kerja Media ini juga merupakan peranan penting bagi mahasiswa, dimana mahasiswa dapat belajar dengan masyarakat dalam membangun kerjasama dan kepercayaan dengan orang lain didalam dunia nyata dengan segala bentuk realita ( kenyataan ) aktifitas yang ada, selain itu Kuliah Kerja Media juga merupakan salah satu syarat kelulusan agi mahasiswa untuk meraih gelar Ahli Madya (Amd). Penjelasan dalam penulisan Laporan Kuliah kerja Media ini tertuju pada bagian produksi. Pada Laporan Kuliah Kerja Media ini penulis mengambil judul “Produksi Media Iklan Luar Ruang (outdoor) di Nero Advertising Surakarta yang akan memaparkan bagaimana proses produksi media iklan luar ruang di perusahaan ini. Nero Advertising Surakarta merupakan salah satu biro iklan yang bergerak dibidang jasa periklanan dan promosi yang berada di kota Surakarta. Dalam pelaksanaan usahanya untuk mencari klien baru ataupun dengan klien lama, Nero Advertising Surakarta tidak lepas juga dari persaingan dengan biro-biro iklan lainnya. Persaingan muncul dalam hal kualitas, pelayanan dan penciptaan iklan yang semakin menjual karena beiro-biro tersebut bercita-cita untuk menjadi sebuah biro iklan yang bersar dan terkenal sehingga mereka selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik terhadap kliennya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Users 865 not found.
    Date Deposited: 22 Jul 2013 20:05
    Last Modified: 22 Jul 2013 20:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8184

    Actions (login required)

    View Item