Hubungan antara kesehatan mental dan motivasi belajar dengan kedisiplinan siswa kelas xi sma negeri di Kecamatan purbalingga kabupaten purbalingga Tahun pelajaran 2008/2009

SURANTO, (2009) Hubungan antara kesehatan mental dan motivasi belajar dengan kedisiplinan siswa kelas xi sma negeri di Kecamatan purbalingga kabupaten purbalingga Tahun pelajaran 2008/2009. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img] PDF - Published Version
Download (663Kb)

    Abstract

    Suranto ( S.810108324 ) Hubungan Antara Kesehatan Mental dan Motivasi Belajar Dengan Kedisiplinan Siswa Kelas XI SMA Negeri di Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2008/2009. Tesis. Surakarta : Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta 2009. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui : 1). Hubungan antara kesehatan mental dengan kedisiplinan siswa, 2). Hubungan antara motivasi belajar dengan kedisiplinan siswa, 3). Hubungan antara kesehatan mental dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri di Kecamatan Purbalingga yang terdiri dari SMA Negeri 1 Purbalingga : 357 siswa dan SMA Negeri 2 Purbalingga ; 276 siswa, sehingga jumlah populasi seluruhnya 633 siswa. Pengambilan sampel (sampling) dengan menggunakan teknik multi stage random sampling sebanyak 63 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk variabel kesehatan mental, motivasi belajar dan kedisiplinan siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi ganda, dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linieritas dan pemeriksaan multikolinieritas. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan : 1). Ada hubungan yang signifikan antara kesehatan mental dengan kedisiplinan siswa kelas XI SMA Negeri di Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga ( r hitung > r table atau 0,554 > 0,224 pada taraf signifikansi 0,05 ) sehingga hipotesis yang dikemukakan teruji kebenarannya. 2). Ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan kedisiplinan siswa kelas XI SMA Negeri di Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga ( r hitung > r table atau 0,658 > 0,224 pada taraf signifikansi 0,05 ) sehingga hipotesis yang dikemukakan teruji kebenarannya. 3). Ada hubungan yang signifikan antara kesehatan mental dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan kedisiplinan siswa kelas XI SMA Negeri di Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga ( r hitung > r table = 0,693 > 0,224 atau F hitung > F table = 27,750 > 3,15 pada taraf signifikansi 0,05 ).Sehingga hipotesis yang dikemukakan teruji kebenarannya. Kontribusi atau sumbangan efektif yang diberikan variabel kesehatan mental terhadap kedisiplinan siswa sebesar 19,561% sedangkan variabel motivasi belajar terhadap kedisiplinan siswa sebesar 27,879%. Model hubungan antara X1 dan X2 dengan Y adalah Ŷ = 12,118 + 0,415X1 + 0,400X2. Model ini signifikan secara statistic.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: neno sulistiyawan
    Date Deposited: 22 Jul 2013 19:33
    Last Modified: 22 Jul 2013 19:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8173

    Actions (login required)

    View Item