EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IX SMP KOTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/ 2009

Kusumarita, Yida (2009) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IX SMP KOTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/ 2009. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img] PDF - Published Version
Download (1276Kb)

    Abstract

    Y Ida Kusumarita, S 850907126. EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IX SMP KOTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Tesis, Surakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2009. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1). Apakah prestasi belajar matematika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan alat peraga lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2). Apakah prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi lebih baik dari siswa yang mempunyai aktivitas belajar sedang dan rendah. (3). Apakah terdapat interaksi antara siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan Alat Peraga dan pembelajaran Konvensional dengan tingkat aktivitas belajar siswa yang berbeda terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi penelitian adalah siswa SMP di Surakarta kelas IX semester I tahun pelajaran 2008/2009. Jumlah sampel adalah 233 siswa yang diambil dari SMP Negeri 17 kelas IX C dan IX D, SMP Negeri 19 kelas IX B dan IX C serta SMP Negeri 23 kelas IX B dan IX C. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah Stratified Randon Sampling dan Cluster Random Sampilng. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes prestasi belajar matematika dengan pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung dan angket aktivitas belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda. Sebelum tes prestasi belajar dan angket aktivitas belajar siswa digunakan terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen. Pada uji coba tes prestasi belajar matematika pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung diuji tentang konsistensi, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya beda. Sedangkan uji coba instrumen angket aktivitas belajar siswa diuji tentang konsistensi dan reliabilitas. Hasil uji coba instrumen diperoleh nilai uji reliabilitas dengan metode KR-20 pada tes prestasi belajar adalah 0,855 dan nilai uji reliabilitas pada angket aktivitas belajar adalah 0,886. Sebelum penelitian dilaksanakan dilakukan uji keseimbangan menggunakan uji t dan hasilnya seimbang. Pengujian hipotesis menggunakan Anava dua jalan dengan frekuensi sel tak sama untuk taraf signifikan 5% dengan uji prasyarat yaitu: uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Hasil uji prasyarat adalah sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan mempunyai variansi yang homogen. Hasil analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan frekuensi sel tak sama menunjukkan: (1) Siswa yang mendapatkan metode pembelajaran dengan Alat Peraga mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih tinggi/baik daripada siswa yang mendapatkan metode pembelajaran Konvensional (Fa = 23,798; Ftabel = 3,84; X A =68,07; X B = 60,14); (2) Siswa dengan aktivitas belajar tinggi mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih xiiibaik daripada siswa dengan aktivitas belajar sedang dan rendah, begitu juga siswa dengan aktivitas belajar sedang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih tinggi/baik daripada siswa dengan aktivitas belajar rendah (Fb = 34,328; Ftabel = 3,00; X A1 =74,17; X A2 = 63,12; X A3 = 56,13); (3) Tidak terdapat interaksi antara siswa yang mendapatkan metode pembelajaran menggunakan Alat Peraga dengan Konvensional untuk masing-masing tingkat aktivitas belajar siswa tinggi, sedang dan rendah pada prestasi belajar matematika (Fab = 1,232; Ftabel = 3,00).

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: neno sulistiyawan
    Date Deposited: 22 Jul 2013 19:29
    Last Modified: 22 Jul 2013 19:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8171

    Actions (login required)

    View Item