EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DENGAN MULTIMEDIA KOMPUTER DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN KOTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Suntoro, Agus (2009) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DENGAN MULTIMEDIA KOMPUTER DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN KOTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img] PDF - Published Version
Download (3258Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) apakah pendekatan pembelajaran konstruktivistik memberikan prestasi belajar matematika siswa yang lebik baik daripada pendekatan pembelajaran konvensional, (2) apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari aktivitas belajar siswa, dan (3) apakah ada interaksi antara pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivistik dengan multimedia komputer dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar metematika Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan perlakuan pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivistik dengan multimedia komputer, dan pembelajaran konvensional. Oleh karena dalam memberikan perlakuan tidak memungkinkan untuk mengontrol dan mengendalikan semua variabel yang relevan, kecuali beberapa dari variabel tersebut diatas, maka penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Surakarta. Sedangkan teknik pengambilan sampel merupakan kombinasi dari sampling random stratifikasi (stratified random sampling ) dan sampling random kluster (cluster random sampling) atau secara random berlapis. Sampel yang diperoleh adalah SMP Negeri 2 Surakarta, SMP Negeri 23 Surakarta dan SMP Negeri 17 Surakarta yang masing-masing sekolah diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen sejumlah 114 siswa dan kelas kontrol sejumlah 113 siswa. Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Instrumen penelitian adalah angket aktivitas belajar sejumah 38 butir soal dan tes prestasi belajar sejumlah 25 butir soal. Prasyarat uji analisis dilakukan uji normalitas dengan metode Lillifors, uji homogenitas digunakan metode Bartlett dengan statistik uji Chi kuadrat, dan uji keseimbangan dengan uji t. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama, dengan tingkat signifikan 5 %. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) pendekatan pembelajaran konstruktivistik memberikan prestasi belajar matematika yang tidak berbeda dengan pembelajaran konvensional (Fa = 1,925 < Ftabel = 3,840), (2) terdapat pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa (Fb = 101,778 > Ftabel = 3,000). Selanjutnya dilakukan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe pada hipotesis kedua karena Ho ditolak. Pada efek kolom menunjukkan prestasi belajar matematika siswa dengan aktivitas tinngi lebih baik daripada siswa dengan aktivitas sedang dan rendah (komparasi antara μ1 vs μ2 Ho diterima karena Fhitung = 45,8345 > 2*Ftabel = 6, komparasi antara μ1 vs μ3 Ho diterima karena Fhitung = 160,9753 > 2*Ftabel = 6) dan prestasi belajar matematika siswa dengan aktivitas sedang lebih baik daripada siswa xvdengan aktivitas rendah (komparasi antara μ 2 vs μ3 Ho diterima karena Fhitung = 72,5742 > 2*Ftabel = 6),(3) tidak ada interaksi antara pembelajaran dengan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa (Fab = 0,0619 < Ftabel = 3,000). Dengan kata lain perbedaan prestasi belajar matematika siswa antara siswa yang diberi pendekatan pembelajaran konstruktivistik dan pendekatan pembelajaran konvensional berlaku sama (konsisten) pada masing-masing aktivitas belajar siswa dan perbedaan prestasi belajar antara siswa dengan aktivitas belajar tinggi, aktivitas belajar sedang dan aktivitas belajar rendah berlaku sama (konsisten) untuk tiap-tiap pendekatan pembelajaran.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: neno sulistiyawan
    Date Deposited: 22 Jul 2013 19:18
    Last Modified: 22 Jul 2013 19:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8166

    Actions (login required)

    View Item