PERANCANGAN PROMOSI MIE AYAM BAKSO OJO LALI GROUP KARANGANYAR (CABANG DARI PASAR KARANGPANDAN)

Kumala, Charisma Indra (2011) PERANCANGAN PROMOSI MIE AYAM BAKSO OJO LALI GROUP KARANGANYAR (CABANG DARI PASAR KARANGPANDAN). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2536Kb)

    Abstract

    Makan merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Makanan dapat berfungsi untuk mengganti pengeluaran energi yang dikeluarkan setiap hari, pertumbuhan, kebutuhan tubuh akan vitamin-vitamin dan berbagai macam nutrisi yang berguna bagi perkembangan dan daya tahan tubuh. Dengan makan manusia dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dan melakukan berbagai macam kegiatan guna memenuhi kebutuhan hidup mereka yang lainnya. Sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya di pulau Jawa mengkonsumsi nasi sebagai bahan makanan pokok mereka. Walaupun di beberapa daerah lain ada yang tidak mengkonsumsi nasi sebagai bahan makanan pokok. Perkembangan kuliner yang begitu pesatnya, memunculkan usaha-usaha bisnis kuliner dengan berbagai macam jenis variasi masakannya masing-masing dan menu-menu yang bervariasi pula. Salah satunya adalah mie ayam bakso. Makanan yang berbahan dasar gandum dan berasal dari negara Cina ini dan diracik dengan bumbu khusus lalu ditambah dengan gilingan daging yang dibentuk yang disebut sebagai bakso. Mie ayam bakso ini sekarang telah berkembang menjadi salah satu makanan favorit masyarakat di Indonesia. Bahkan ada yang berpendapat bahwa mie telah menjadi bahan makanan pokok yang kedua setelah nasi, karena begitu banyak masyarakat yang mengkonsumsinya. Banyak muncul usaha kuliner yang menjadikan mie ayam bakso sebagai menu andalannya, dan mudah dijumpai di setiap daerah. Sehingga persaingan dalam usaha kuliner mie ayam bakso menjadi semakin ramai dan ketat. Setiap usaha kuliner harus melakukan berbagai strategi dalam menarik minat konsumen. Baik itu melalui penjagaan mutu makanannya, merenovasi tempatnya, maupun melalui media – media promosi visualnya. Mereka yang menentukan pilihan kuliner mie ayam bakso mana yang akan mereka kunjungi. Salah satu usaha kuliner mie ayam bakso tersebut adalah Mie Ayam Bakso Ojo Lali Group Cabang Pasar Karangpandan. Penulis memilih mengangkat usaha kuliner mie ayam bakso ini dengan alasan usaha tersebut merupakan cabang baru dan belum mempunyai media promosi. Jadi penulis mencoba untuk merancang media promosi yang tepat dan efektif untuk Mie Ayam Bakso Ojo Lali Group Cabang Pasar Karangpandan tersebut, agar dapat dikenal oleh masyarakat dan mampu menarik calon konsumen. B. Rumusan Masalah Mie Ayam Bakso Ojo Lali Group Cabang Pasar Karangpandan, sebagai usaha kuliner yang baru saja berpindah tangan kepemilikannya dan baru saja membuka cabang baru, dan belum mempunyai media promosi. Oleh sebab itu diharapkan melalui perencanaan promosi yang tepat dapat mempromosikan usaha kuliner ini yang berdampak pada peningkatan jumlah konsumen. Pemanfaatan media promosi perlu difokuskan pada calon konsumen. Maka penulis dapat merumuskan beberapa hal yang berkaitan dengan permasalahan tersebut seperti tercantum dibawah ini : 1. Bagaimana membuat rancangan promosi Mie Ayam Bakso Ojo Lali Group Cabang Pasar Karangpandan agar dapat dikenal oleh masyarakat Karanganyar? 2. Media Komunikasi yang tepat dan efektif apa yang digunakan Mie Ayam Bakso Ojo Lali Group Cabang Pasar Karangpandan untuk menarik minat calon konsomen?

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Desain Komunikasi Visual
    Depositing User: Users 865 not found.
    Date Deposited: 22 Jul 2013 18:57
    Last Modified: 22 Jul 2013 18:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8156

    Actions (login required)

    View Item