PENINGKATAN KEAKTIFANDAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI JENIS DAN BESAR SUDUT MELALUI METODESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS(STAD) PADA PESERTA DIDIK KELAS IIIB SDNEGERI WONOREJO TAHUN AJARAN 2009/2010

RIYANTO, AGUS (2010) PENINGKATAN KEAKTIFANDAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI JENIS DAN BESAR SUDUT MELALUI METODESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS(STAD) PADA PESERTA DIDIK KELAS IIIB SDNEGERI WONOREJO TAHUN AJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (268Kb)

    Abstract

    Dibentukya kelompok-kelompok kecil dalam pembelajaran mengakibatkan interaksi antar anggota kelompok maupun anggota kelompok dengan guru menjadi maksimal dan efektif, sehingga perbedaan kecepatan dan kemampuan tiap-tiap individu dapat diperkecil. Dengan demikian, diharapkan bagi peserta didik yang mempunyai kecepatan dan kemampuan yang kurang dapat tertolong oleh temannya dalam satu kelompok yang mempunyai kemampuan lebih baik. Peserta didikyang mempunyai kemampuan sedang akan dapat segera menyesuaikan dalam proses pemahaman materi. Materi mengidentifikasi jenis dan besar sudut merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran matematika. Materi ini dianggap cukup sulit oleh sebagian besar peserta didik karena didalam pengerjaannya dibutuhkan suatu pemahaman. Oleh sebab itu, diperlukan cara yang mudah untuk menyampaikan bahan pelajaran. Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode Student Teams-Achievement Divisions (STAD) diharapkan bisa memotivasi peserta didik untuk lebih siap belajar matematika, tanpa ada rasa takut untuk mempelajarinya. Peserta didik diharapkan dapat melatih dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik lain dalam suasana yang menarik. Model kooperatif metode Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dapat membentuk keaktifan sosial peserta didik di kelas. Sehingga, peserta didik diharapkan akan lebih mudahdalam memahami pelajaran dan kemampuan peserta didik akan meningkat. Berdasarkan letar belakang masalah diatas, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul ”Peningkatan Keaktifan dan Kemampuan Mengidentifikasi Jenis dan Besar Sudut melalui Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Peserta Didik Kelas IIIB SD Negeri Wonorejo Tahun Ajaran 2009/2010”.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Andika Setiawan
    Date Deposited: 22 Jul 2013 18:40
    Last Modified: 22 Jul 2013 18:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8137

    Actions (login required)

    View Item