PENDEKATAN LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI TIRON 1 KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2008/2009

SUPRABOWO, (2008) PENDEKATAN LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI TIRON 1 KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (848Kb)

    Abstract

    Suprabowo, S810907119, 2008. Pendekatan Lingkungan dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar Negeri I Tiron Kecamatan Banyakan Kabuparten Kediri. Penelitian ini bertujuan menggambarkan pembelajaran IPS di SDN Tiorn 1 dengan pendekatan lingkungan secara deskriptif akan disajikan implementasi tahapan-tahapan: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran IPS dengan pendekatan lingkungan, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPS dengan pendekatan lingkungan, (3) Bagaimana pelaksanaan evalusi pembelajaran IPS. Penelitian ini termasuk studi deskriptif (kualitatif). Untuk itu data yang di kumpulkan dapat di kelompokan atas data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dari narasumber, pengamatan dan pencatatan lapangan termasuk ekplarasi melalui pedoman wawancara dan pedoman observasi, deskripsi profil dan data informasi langsung melalui fenomena pembelajaran IPS dengan pendekatan lingkungan di SDN Tiron I Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Data skunder diperoleh dari sumber lain: dari salinan atau kutipan data primer atau datadata arsip, buku dan dokumen tertentu. Narasumber / Informannya Kepala Sekolah guru kelas IV, V, dan VI serta siswa kelas IV, V, dan VI. Pengumpulan datanya dengan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi, sedangkan analisa datanya menggunakan langkah-langkah: pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa guru SDN Tiron I Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri dalam perencanaan pembelajaran telah menggunakan lingkungan, baik secara fisik maupun non fisik. Perencanaan pembelajaran meliputi: (1) merencanakan KBM, (2) merencanakan pengorganisasian bahan pengajaran, (3) merencankan pengolahan KBM, (4) merencanakan penggunaan alat dan media pembelajaran, dan (5) merencanakan evaluasi pembelajaran. Kelima komponen perencanaan yang disusun guru tersebut telah beroirentasi pada pendekatan lingkungan dengan cara menghadirkan sumber lingkungan kedalam kelas melalui media gambar, peta, globe, tabel dan informasi dari guru. Pemanfaatan tersebut masih terbatas dalam ruang kelas, sementara pemanfaatan lingkungan diluar kelas belum optimal. Pelaksanaan pembelajaran tersebut meliputi: (1) memulai pembelajaran, (2) kegiatan inti pelajaran, meliputi: mengorganisasikan waktu, siswa dan fasilitas belajar, dan melaksanakan penilaian dan (3) kegiatan akhir pelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran dipengaruhi oleh faktor guru dan faktor siswa. Pelaksaaan evaluasi pembelajaran IPS yang dilakukan guru SDN Tiron 1 meliputi (1) melakukan langkahlangkah perencanaan evaluasi, antara lain penetapan indikator pencapaian hasil belajar, penetapan standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator, penentuan KKM dan penentuan jenis dan tehnik evaluasi. (2) jenis evaluasi yang dilakukan antara lain ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ujian akhir sekolah bagi siswa kelas VI. (3) tehnik evaluasi yang dilaksanakan antara lain tes tertulis, penilaian kinerja, penilaian portopolio, penilaian proyek, dan penilaian sikap. Hasil evaluasi pembelajaran IPS yang dilaksanakan mulai kelas IV, V, dan VI secara umum telah menentukan KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 6,5. Hasil pembelajaran IPS yang berupa afektif ditandai dengan sikap peduli terhadap lingkungan dan sikap sosial antara sesama. Hasil pembelajaran yang berupa psikomotor ditandai dengan kerja sama antar siswa, kerja kelompok, kemauan siswa menjaga lingkungan dan kemauan siswa untuk melestarikan linkungan. Dalam dimensi pengembangan lebih luas perlu ditingkatkan kemampuan guru untuk menggunakan pendekatan lingkungan dalam pembelajaran IPS, terutama lingkungan di luar kelas. Untuk itu perlu kerjasama antara guru dengan guru, guru dengan kepala sekolah, bahkan kerjasama guru dengan komite sekolah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Athiyah
    Date Deposited: 17 Aug 2013 22:18
    Last Modified: 17 Aug 2013 22:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8136

    Actions (login required)

    View Item