PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PERKALIAN MELALUI METODE JARIMATIKA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 3 PRINGANOM SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011.

Nurmasari, Linda (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PERKALIAN MELALUI METODE JARIMATIKA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 3 PRINGANOM SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1407Kb)

    Abstract

    Linda Nurmasari. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PERKALIAN MELALUI METODE JARIMATIKA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 3 PRINGANOM SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2011 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghitung perkalian siswa dengan menggunakan metode jarimatika pada siswa kelas II SD Negeri Pringanom 3 tahun pelajaran 2010/2011. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan kemampuan siswa dalam menghitung perkalian, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode jarimatika. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri 3 Pringanom Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011 berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes, observasi, dan wawancara. Validitas data yang digunakan adalah validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan menghitung perkalian. Kondisi awal sebelum tindakan nilai rata-rata siswa adalah 46,93, pada siklus I nilai rata-rata siswa 73,98 dan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus II adalah 81,43. Sebelum dilaksanakan penelitian siswa yang memperoleh nilai ≥ 60 sebanyak 13 siswa (34%). Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥ 60 sebanyak 28 siswa (74%), dan pada siklus II siswa yang memperoleh nilai ≥ 60 sebanyak 33 siswa (87%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan menghitung perkalian siswa kelas II SD Negeri 3 Pringanom Sragen.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Febrianti
    Date Deposited: 22 Jul 2013 18:35
    Last Modified: 22 Jul 2013 18:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8112

    Actions (login required)

    View Item