STRATEGI PEMASARAN EKSPOR SHOPPING BAG PADA PT WANGSA JATRA LESTARI DI KARTASURA

Fadhillah , Pramitasari and UNSPECIFIED (2009) STRATEGI PEMASARAN EKSPOR SHOPPING BAG PADA PT WANGSA JATRA LESTARI DI KARTASURA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img] PDF - Published Version
Download (251Kb)

    Abstract

    Sebuah perusahaan baik itu jasa maupun dagang, pasti akan membutuhkan suatu sarana pemasaran untuk menghubungkan antara produksi dan konsumsi. PT WANGSA JATRA LESTARI adalah perusahaan ekspor Paper Bags yang berada di Surakarta. Perusahaan ini telah mengekspor shopping bags ke berbagai negara antara lain Australia, Amerika, Eropa, dan U.A.E. Bagi perusahaan seperti PT Wangsa Jatra Lestari harus mempunyai strategi untuk ikut bersaing memperebutkan pasar. Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk memperoleh gambaran lebih mendalam dan pemahaman mengenai strategi pemasaran ekspor dan hambatan- hambatan yang dihadapi PT Wangsa Jatra Lestari. Pihak perusahaan melakukan strategi pemasaran dengan menggunakan marketing mix yang didalamnya terdiri dari strategi produk, harga, promosi, dan saluran distribusi. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah menggunakan metode deskriptif, dalam penulisan ini penulis mengamati obyek penelitian dan menggambarkan suatu keadaan yang ada didalam obyek penelitian tersebut. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara secara langsung kepada pihak yang berkompeten pada PT Wangsa Jatra Lestari, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku maupun sumber bacaan lainnya. Hasil penelitian dapat disimpulkan PT Wangsa Jatra Lestari menggunakan marketing mix untuk strategi pemasaran. Strategi produk dilakukan melalui penggunaan bahan baku pilihan dan proses produksi yang sangat memperhatikan mutu dan kualitas yang tinggi. Strategi harga didasarkan pada situasi dan kondisi lingkungan pada saat bersangkutan.Promosi yang dilakukan melalui internet dan mengundang calon buyer ke perusahaan. Saluran distribusi menggunakan saluran distribusi langsung. Permasalahan yang umum dalam kegiatan ekspor adalah bahan baku yang mahal, kurangnya kedisiplinan pada pekerjanya,ketidakstabilan harga pada bahan baku dan tenaga kerja, pengiriman yang tidak sesuai schedule, kurangnya media promosi. Saran yang dapat diajukan adalah perusahaan selalu menjaga mutu dan kualitas produknya,hendaknya menggunakan media promosi yang lebih efektif,melakukan pengawasan terhadap kinerja karyawan. Dan hendaknya perusahaan tidak hanya melakukan inovasi produk jika ada buyer yang memintanya. Kata Kunci : Marketing Mix, Strategi Produk, Harga, Promosi, Saluran Distribusi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Depositing User: neno sulistiyawan
    Date Deposited: 22 Jul 2013 18:27
    Last Modified: 22 Jul 2013 18:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8089

    Actions (login required)

    View Item