UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG MELALUI MEDIA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SDN 03 KENDALDOYONG TAHUN 2010

SUSILOWATI, (2010) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG MELALUI MEDIA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SDN 03 KENDALDOYONG TAHUN 2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2749Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi luas permukaan bangun ruang pada siswa kelas V SDN 03 Kendaldoyong tahun 2010. Variabel yang menjadi sarana pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar matematika kelas V SDN 03 Kendaldoyong. Bentuk Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan modal siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai populasi adalah siswa kelas V SDN 03 Kendaldoyong yang berjumlah 37 siswa. Tehnik pengumpulan data variable meningkatkan hasil belajar matematika, materi luas permukaan bangun ruang adalah wawancara , observasi dan test tertulis. Teknik analisis data adalah model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan kelas pada siklus I menunjukan adanya penngkatan dibanding sebelum tindakan. Sebelum tindakan siswa yang memperoleh nilai diatas KKM adalah 21 siswa atau 56,75 % dengan rata – rata 61,21 . Tetapi pada siklus I siswa yang memperoleh nilai diatas KKM adalah 32 siswa atau 86,48 % dengan rata – rata 68,91 , sedangkan pada siklus II siswa yang memperoleh nilai diatas KKM mencapai 37 siswa atau 100 % dengan rata-rata 74,45. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran matematika dengan materi luas permukaan bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN 03 Kendaldoyong Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun 2010.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Keuangan Perbankan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Andika Setiawan
    Date Deposited: 22 Jul 2013 18:12
    Last Modified: 22 Jul 2013 18:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8041

    Actions (login required)

    View Item