UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEBELAJARAN AKUNTANSI DENGAN MODEL STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS XII SMK KRISTEN 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 (Penelitian Tindakan Kelas)

ARIYANTO, RISAL (2010) UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEBELAJARAN AKUNTANSI DENGAN MODEL STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS XII SMK KRISTEN 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 (Penelitian Tindakan Kelas). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1450Kb)

    Abstract

    ABSTRAK digilib.uns.ac.id RISAL ARIYANTO. K7406135. UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEBELAJARAN AKUNTANSI DENGAN MODEL STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS XII SMK KRISTEN 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2010. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran dengan metode Student Fasilitator And Explainig dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi di kelas XII Akuntansi SMK Kristen 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi 1 SMK Kristen 1 Surakarta yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru kelas dan melibatkan partisipasi siswa. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini dilakukan dengan pemberian simulasi terlebih dahulu oleh peneliti kepada guru kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi, dan tes. Prosedur penelitian meliputi tahap: (1) identifikasi masalah, (2) persiapan, (3) penyusunan rencana tindakan, (4) implementasi tindakan, (5) pengamatan, dan (6) penyusunan laporan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpretasi, dan (4) analisis dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan, masing-masing pertemuan selama 3 x 45 menit. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Student Fasilitator And Explainig dapat meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi (baik proses maupun hasil). Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut: (1) Pemahaman materi oleh siswa meningkat dari 72% atau 18 siswa pada silkus I menjadi 80% atau 20 siswa pada siklus II, (2) Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat yang semula 84% atau 25 siswa pada siklus I menjadi 96% atau sebanyak 24 siswa, (3) Selama proses pembelajaran berlangsung, siswa yang berkelakuan baik dalam mengikuti pembelajaran meningkat dari 80% atau 20 siswa pada siklus I menjadi 93% atau 23 siswa pada siklus II, (4) Peningkatan jumlah siswa yang rajin dan disiplin dari 20 siswa pada siklus I menjadi 24 siswa pada siklus II, (5) Pada siklus I kerapian siswa dalam proses pembelajaran sebanyak 80% atau 20 siswa menjadi 92% atau 23 siswa pada siklus II, (6) Keaktifan siswa meningkat ditunjukkan dengan keterampilan bertanya dari 68% atau 17 siswa pada siklus I menjadi 84% atau 21 siswa pada siklus II dan keterampilan menjawab siswa pada siklus I sebanyak 80% atau 20 siswa menjadi 84% atau 21 siswa pada siklus II, (7) Motivasi siswa dalam mengikuti proses belajar pada siklus I sebanyak 68% atau 17 siswa dan pada siklus II menjadi 76% atau 19 siswa, (8) Adanya peningkatan pencapaian hasil belajar siswa dari 84% atau 21 siswa dengan KKM 75 pada siklus I menjadi 96% atau 24 siswa dengan KKM 80 pada siklus II. Peningkatan tersebut terjadi setelah guru melakukan beberapa upaya, antara lain: (1) Penerapan metode student fasilitator and expliaing dalam pembelajaran, (2) Guru membuat inovasi baru dalam menyampaikan pelajaran akuntansi, yaitu dengan membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, (3) Guru terus memotivasi siswa dalam belajar melalui pelaksanaan diskusi dan presentasi sehingga siswa lebih menguasai materi dan tidak malu atau ragu untuk maju ke depan kelas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Student Fasilitator And Expliaing dapat meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi baik dari segi proses maupun hasil.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 22 Jul 2013 18:13
    Last Modified: 22 Jul 2013 18:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/8039

    Actions (login required)

    View Item