PERANCANGAN PROMOSI BATIK TULIS KLIWONAN DAN PILANG KECAMATAN MASARAN KABUPATEN SRAGEN SEBAGAI DESA WISATA MELALUI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Prasetya, Adhidya (2008) PERANCANGAN PROMOSI BATIK TULIS KLIWONAN DAN PILANG KECAMATAN MASARAN KABUPATEN SRAGEN SEBAGAI DESA WISATA MELALUI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img] PDF - Published Version
Download (760Kb)

    Abstract

    008. Perkembangan sektor pariwisata pada masa-masa sekarang ini sangatlah pesat. Bukan hal yang tidak mungkin, industri pariwisata sangatlah menjanjikan nilai investasi yang sangat besar untuk masa-masa yang akan datang. Tidaklah perlu kawasan yang luas dan memiliki obyek-obyek wisata yang banyak, kawasan dengan luas wilayah yang sempit dapat dikembangkan menjadi sebuah kawasan wisata. Bahkan dengan lingkup yang lebih kecil, menjadikan nilai tambah dari sebuah kawasan wisata tersebut, misalkan saja kawasan tersebut memiliki atraksi yang lebih spesifik atau khusus. Desa Kliwonan dan Pilang yang terletak di Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen merupakan kawasan sentra industri kerajinan batik yang cukup besar, baik dari nilai produksi ataupun jumlah perusahaan dan tenaga kerja yang ada disana. Dengan ditunjang nuansa alam pedesaan yang masih alami, kawasan ini memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan menjadi sebuah kawasan wisata. Pemerintah Kabupaten Sragen telah mencanangkan kedua desa tersebut sebagai kawasan wisata dengan nama, Desa Wisata Batik Kliwonan. Seperti yang tertulis dalam judul PERANCANGAN PROMOSI BATIK TULIS KLIWONAN DAN PILANG KECAMATAN MASARAN KABUPATEN SRAGEN SEBAGAI DESA 1. Mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Sastra dan Seni Rupa UNS dengan NIM C 0701002 2. Dosen Pembimbing Tugas Akhir WISATA MELALUI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, permasalahan yang timbul adalah bagaimana merancang sebuah konsep promosi dalam rangka memperkenalkan kawasan ini kepada masyarakat luas sebagai Desa Wisata Batik Kliwonan. Hal ini menuntut penulis untuk terus menggali kemampuan dalam berkreatifitas supaya dapat menghasilkan konsep promosi yang mampu menjawab permasalahan-permasalahan yang muncul dalam penulisan Karya Tugas Akhir ini. Konsep promosi yang dibuat lebih menekankan pada, bagaimana memperkenalkan Desa Wisata Batik Kliwonan kepada masyarakat luas dengan menambahkan unsur keunikan dari kawasan ini. Nuansa alam pedesaan dengan aktifitas sosial masyarakat pedesaan yang ada disana dijadikan sebagai keunikan dan nilai tambah desa ini dibanding kawasan- kawasan lain yang memiliki atraksi serupa, dengan perantara batik Kliwonan yang sudah dikenal secara umum.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Desain Komunikasi Visual
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Depositing User: neno sulistiyawan
    Date Deposited: 22 Jul 2013 17:52
    Last Modified: 22 Jul 2013 17:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7990

    Actions (login required)

    View Item