KAJIAN TERHADAP PELAKSANAN KURIKULUM IPA DI TIMOR LESTE DAN USULAN PERBAIKAN (Studi kajian khusus terhadap pelaksanaan kurikulum fisika dan hambatan yang dihadapi oleh guru dalam implementasi,di Dili Timor Leste, 2009/2010)

Soares, Teresinha Albertina (2010) KAJIAN TERHADAP PELAKSANAN KURIKULUM IPA DI TIMOR LESTE DAN USULAN PERBAIKAN (Studi kajian khusus terhadap pelaksanaan kurikulum fisika dan hambatan yang dihadapi oleh guru dalam implementasi,di Dili Timor Leste, 2009/2010). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (605Kb)

    Abstract

    Teresinha Albertina Soares, S 830908049, 2010. Kajian Terhadap Pelaksanaan Kurikulum IPA-Fisika Di Timor Leste. (Studi kajian khusus terhadap pelaksanaan kurikulum fisika dan hambatan yang dihadapi oleh guru dalam implementasi, di Dili Timor Leste, 2009/2010) Tesis, Pembimbing I: Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M. Pd. Pembimbing II: Dra. Suparmi, M.A, Ph.D. Magister Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kajian kurikulum IPA fisika ini bertujuan untuk; (i). Mengetahui aspek intended curriculum dan implemented curriculum IPA khususnya fisika di Timor Leste. (ii). Mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru fisika dalam pengajaran fisika di Sekolah.(iii). Mengidentifikasi permasalahan dalam setiap aspek yang diteliti untuk kemudian memberi usulan perbaikan. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks. Populasi penelitian adalah semua guru fisika yang mengajar di enam sekolah publik di Dili, dengan menggunakan sampel bertujuan yang melibatkan 15 orang guru fisika di empat sekolah Publik dan satu sekolah swasta di Ibu Kota Negara Dili Timor Leste. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi kelas, kuesioner, wawancara dan telaah dokumen. Temuan yang dilakukan terhadap dokumen isi lapangan menunjukkan bahwa struktur materi, kurikulum transisi tidak teratur, arah pembelajaran tidak jelas, tujuan pembelajaran diuraikan sangat umum, akhirnya dalam implementasi pembelajaran dikelas dilakukan atas dasar kemauan guru. Sedangkan temuan terhadap implementasi di lapangan menunjukkan bahwa semua guru yang mengajar tidak pernah menggunakan silabus, membuat Satuan Pelajaran (SP) dan Rencana Pembelajaran (RP) dalam pengajaran fisika di kelas. Penyebabnya mereka tidak memperoleh dokumen silabus dan contoh pembuatan SP dan RP selain itu memang tidak ada instruksi dari sekolah untuk membuat rencana pembelajaran sebelum mengajar di kelas. Rekomendasi yang dapat diberikan agar dalam perubahan kurikulum baru, khususnya fisika perlu memuat komponen-komponen kurikulum maupun silabus yang terperinci dan jelas, mulai dari filosofis pendidikan hingga indikator pencapaian pembelajaran bagi anak didik. Melakukan sosialisai ke seluruh sekolah dan pelatihan guru secara intensif baik pengunaan kurikulum baru, ilmu pedagogik maupun konten mata pelajaran berdasarkan tingkat kelas. Kata kunci : Kajian Kurikulum, IPA dan Usulan Perbaikan

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Muhammad Yahya Kipti
    Date Deposited: 22 Jul 2013 17:58
    Last Modified: 22 Jul 2013 17:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7984

    Actions (login required)

    View Item