KESULITAN MENULIS HANZI SEBAGAI PERMASALAHAN DALAM BELAJAR BAHASA MANDARIN DI KELAS VI SD KRISTEN KALAM KUDUS SURAKARTA

Ristanti , Eni Ratna (2008) KESULITAN MENULIS HANZI SEBAGAI PERMASALAHAN DALAM BELAJAR BAHASA MANDARIN DI KELAS VI SD KRISTEN KALAM KUDUS SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (400Kb)

    Abstract

    Eni Ratna Ristanti. 2008. Kesulitan menulis hanzi sebagai permasalahan dalam belajar bahasa Mandarin di kelas VI SD Kristen Kalam Kudus Surakarta. Program Diploma III Bahasa China Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penulisan tugas akhir ini dilatarbelakangi dan dirumuskan oleh permasalahan yang dihadapi siswa kelas VI SD Kristen Kalam Kudus Surakarta dalam belajar bahasa Mandarin serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara dan metode studi pustaka. Dari hasil penelitian ini diperoleh gambaran bahwa permasalahan yang di hadapi siswa kelas VI SD Kristen Kalam Kudus Surakarta adalah kesulitan menulis hanzi. Permasalahan ini dipengaruhi oleh faktor intern dan faktor ekstern diantaranya perubahan kurikulum sekolah. Solusi yang ditempuh untuk mengatasi masalah ini diantaranya: 1. Mengajarkan aturan standar menulis hanzi kepada siswa. 2. Memberikan siswa waktu khusus pada saat jam pelajaran untuk menulis hanzi. 3. Memberikan siswa pekerjaan rumah menulis hanzi. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan solusi yang di berikan mampu meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Siswa dapat mengenal hanzi dengan lebih baik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Bahasa Cina
    Depositing User: Afif Wandala
    Date Deposited: 22 Jul 2013 17:43
    Last Modified: 22 Jul 2013 17:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7977

    Actions (login required)

    View Item