ANALISIS PERAMALAN PERMINTAAN PRODUK MEJA TELEVISI PADA PT. ART FURNITURE BOYOLALI

ARDIYANTO, NOVEL (2009) ANALISIS PERAMALAN PERMINTAAN PRODUK MEJA TELEVISI PADA PT. ART FURNITURE BOYOLALI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1061Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk kecenderungan Permintaan Produk Meja Televisi Pada PT. Art Furniture Boyolali selama satu tahun yaitu pada bulan Januari 2008 sampai Desember 2008, serta untuk mengetahui peramalan permintaan produk meja televisi pada bulan Januari 2009. Perusahaan PT. Art Furniture bergerak dibidang industri mebel, perusahaan tersebut hanya memproduksi sesuai dengan pesanan, sehingga perusahaan hanya melakukan proses produksi sesuai jumlah yang diminta oleh para konsumen, jika terjadi kelebihan dalam produksi maka kelebihannya itu akan disimpan dalam stock, hal ini bertujuan untuk memenuhi permintaan konsumen yang sifatnya mendadak. Penelitian dilakukan dengan cara magang selama 1,5 bulan di PT. Art Furniture Boyolali. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh langsung dari PT. Art Furniture. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara secara langsung,riset kepustakaan, dan observasi atau mengamati secara langsung proses produksi. Untuk mengetahui permintaan konsumen pada periode yang akan datang dilakukan peramalan dengan menggunakan metode Moving Averagedan metode Exponential Smoothingserta mengetahui tingkat kesalahan peramalan dengan mean square errordan mean absolute error. Penulis memilih metode Moving Averagedan metode Exponential Smoothingkarena datanya bersifat acak atau random. Data permintaan yang dianalisis adalah data pada bulan Januari 2008 sampai bulan Januari 2009. Data tersebut dianalisis menggunakan metode Moving Average3 bulan dan 5 bulan, dan metode Exponential Smoothingdengan α 0.1, α 0.5, dan α 0.9. Dari hasil penghitungan yang dilakukan, yaitu peramalan menggunakan metodemoving average 3 bulanan didapatkan ramalan pada bulan Januari 2009 sebanyak 92 buah meja televisi dengan kesalahan peramalan atau MSE sebanyak 39.67. Berdasarkan temuan tersebut maka perusahaan lebih baik menggunakan metode Moving Average3 bulan karena mempunyai tingkat kesalahan yang lebih kecil dan hasilnya mendekati aktual.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Depositing User: Lia Primadani
    Date Deposited: 22 Jul 2013 17:40
    Last Modified: 22 Jul 2013 17:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7973

    Actions (login required)

    View Item