PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN METODE PROBLEM-POSING SECARA BERKELOMPOK DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA

Wulandari, Retno (2010) PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN METODE PROBLEM-POSING SECARA BERKELOMPOK DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (402Kb)

    Abstract

    Salah satu penyebab siswa tidak mampu menerapkan konsep fisika adalah mereka belum mampu mengerjakan soal yang sedikit berbeda dengan contoh soal buatan guru. Padahal soal-soal yang dibuat guru pada saat ulangan harian maupun ulangan semester bentuknya mirip (sedikit berbeda) dengan contoh soal yang dibuat guru pada saat pembelajaran. Siswa seharusnya dapat menerapkan konsep fisika yang telah dipelajari untuk menyelesaikan soal-soal buatan guru. Oleh karena itu siswa perlu memiliki pengalaman yang bervariasi dalam membuat soal dan penyelesaiannya.(Pelangi Pendidikan, 2002:1). Penyebab yang lain adalah guru belum mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga siswa kurang termotivasi dan merasa terbebani dalam belajar fisika. Oleh karena itu dalam pembelajaran fisika guru perlu menggunakan metode yang tepat dan menarik sehingga siswa lebih termotivasi dalam belajar fisika. Metode pengajuan soal atau problem-posing atau membuat soal sendiri dapat membantu siswa dalam mengembangkan kesukaannya terhadap fisika, sebab ide-ide fisika siswa diarahkan untuk memahami soal yang sedang dikerjakan dan dapat meningkatkan pemahamannya dalam memecahkan suatu permasalahan. Penggunaan metode problem-posing menitik beratkan pada keaktifan siswa. Keaktifan siswa dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar juga dipengaruhi oleh motivasi belajar siawa. Sehingga dengan adanya interaksi antara metode mengajar dan motivasi belajar tersebut diharapkan dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa dalam hal ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Andika Setiawan
    Date Deposited: 22 Jul 2013 17:34
    Last Modified: 22 Jul 2013 17:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7953

    Actions (login required)

    View Item