PENGARUH ELEMEN SOLO BATIK CARNIVAL TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DAN WORD OF MOUTH YANG DIKONTROL KARAKTERISTIK DEMOGRAFI DAN KARAKTERISTIK PERJALANAN

Sofia Hapsari, Alfonso Maria (2011) PENGARUH ELEMEN SOLO BATIK CARNIVAL TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DAN WORD OF MOUTH YANG DIKONTROL KARAKTERISTIK DEMOGRAFI DAN KARAKTERISTIK PERJALANAN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (688Kb)

    Abstract

    commit to user Penelitian ini bertujuan : 1) Mengetahui hubungan antara elemen pendukung SBC dengan kepuasan wisatawan, 2) Mengetahui perbedaan kepuasan wisatawan dalam karakteristik demografi, 3) Mengetahui perbedaan kepuasan wisatawan dalam perilaku perjalanan, 4) Mengetahui hubungan antara elemen pendukung SBC dengan kepuasan wisatawan yang dikontrol karakteristik demografi, 5) Mengetahui hubungan antara elemen pendukung SBC dengan kepuasan wisatawan yang dikontrol karakteristik perjalanan, 6)Mengetahui hubungan antara kepuasan wisatawan dengan Word of Mouth. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1) terdapat hubungan antara elemen pendukung SBC dengan kepuasan wisatawan, 2) terdapat perbedaan kepuasan wisatawan dalam karakteristik demografi, 3) Terdapat perbedaan kepuasan wisatawan dalam karakteristik perilaku perjalanan, 4) terdapat hubungan antara elemen pendukung SBC dengan kepuasan wisatawan yang dikontrol karakteristik demografi, 5) terdapat hubungan antara elemen pendukung SBC dengan kepuasan wisatawan yang dikontrol karakteristik perjalanan, 6) terdapat hubungan antara kepuasan wisatawan dengan Word of mouth. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 180 orang dengan menggunakan metode convenience sampling.Pengujian validitas menggunakan Confirmatory Factor Analysis dan pengujian reliabilitas dengan menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Hierarchical Regression. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut : 1) Hasil pengujian terhadap hipotesis 1, menunjukkan bahwa elemen Solo Batik Carnival berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan, 2) Hasil pengujian terhadap hipotesis 2, menunjukkan bahwa variabel jenis kelamin responden, asal daerah responden dan pendapatan responden yang menunjukkan adanya perbedaan kepuasan wisatawan dalam karakteristik demografi., 3) Hasil pengujian terhadap hipotesis 3, menunjukkan bahwa variabel pernah atau tidak menyaksikan karnaval lain kecuali SBC dalam kurun waktu 2 tahun yang menunjukkan adanya perbedaan kepuasan wisatawan dalam karakteristik perilaku perjalanan, 4) Hasil pengujian terhadap hipotesis 4, menunjukkan bahwa variabel jenis kelamin wanita, variabel daerah asal , secara signifikan sebagai variabel kontrol yang mempengaruhi hubungan antara atribut Solo Batik Carnival dengan kepuasan wisatawan, 5) Hasil pengujian terhadap hipotesis 5, menunjukkan bahwa variabel tidak pernah ke karnaval lain kecuali SBC dalam kurun waktu 2 tahun , variabel waktu yang dibutuhkan untuk merencanakan melihat SBC selama 3-6 bulan dan variabel waktu yang dibutuhkan untuk merencanakan melihat SBC selama > 6 bulan secara signifikan sebagai variabel kontrol yang mempengaruhi hubungan antara atribut Solo Batik Carnival dengan kepuasan wisatawan, 6) Hasil pengujian terhadap hipotesis 6, Hasil analisis menunjukkan kepuasan wisatawan berpengaruh terhadap Word of Mouth. Kata Kunci : City Branding, Solo Batik Carnival, Kepuasan Wisatawan, Word of Mouth

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Manajemen
    Depositing User: Ardhi Permana Lukas
    Date Deposited: 22 Jul 2013 17:29
    Last Modified: 22 Jul 2013 17:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7945

    Actions (login required)

    View Item