TAYANGAN “WISATA KULINER” DAN KEPUASAN (Studi Korelasi Antara Motivasi Menonton Tayangan “Wisata Kuliner” di Trans TV Dan Kepuasan Penonton dikalangan Mahasiswa AMPTA Yogyakarta Tahun Ajaran 2008)

Arifianto, Muhammad Yusuf (2010) TAYANGAN “WISATA KULINER” DAN KEPUASAN (Studi Korelasi Antara Motivasi Menonton Tayangan “Wisata Kuliner” di Trans TV Dan Kepuasan Penonton dikalangan Mahasiswa AMPTA Yogyakarta Tahun Ajaran 2008). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (910Kb)

    Abstract

    “Wisata Kuliner” adalah salah satu program acara di Trans TV. Acara ini membahas masalah seputar budaya makanan tradisonal dan daerah wisata yang berpotensi untuk dikunjungi. Dalam hal ini terbukti dengan banyaknya mahasiswa AMPTA yang berada di Yogyakarta sangat tertarik dengan program acara tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah motivasi yang melatar belakangi mahasiswa AMPTA Yogyakarta sebagai pemirsa tayangan “Wisata Kuliner” di Trans TV dan sejauh mana kepuasan yang diperoleh setelah menonton acara tayangan tersebut. Dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara motivasi menonton tayangan “Wisata Kuliner” dengan penggunaan media televisi di Trans TV terhadap kepuasan penonton dikalangan Mahasiswa AMPTA Yogyakarta Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori model Uses and Gratifications, dimana pengujian hipotesis tersebut berusaha menemukan hubungan dari variabel-variabel yang diukur. Dalam penelitian inilah penulis menggunakan studi korelasi, yaitu menjelaskan hubungan antara variabel-variabel penelitian dengan meneliti beberapa variabel yang bertujuanuntuk menemukan ada tidaknya hubungan itu. Tipe penelitian ini adalah explanatory research, dimana penelitian ini untuk menjelaskan hubungan antara satu variabel dengan variabel lain. Dalam hal ini peneliti melakukan pengujian hipotesis. Subjek yang diteliti adalah mahasiswa AMPTA Yogyakarta tahun ajaran 2008, jurusan perhotelan dengan jumlah populasi 80 orang. Oleh karena jumlah populasi yang kecil, maka populasi dijadikan sebagai sample dengan teknik pengambilan sample menggunakan Total Sampling atau Sensus. Karena penelitian ini penelitian kuantitatif, maka dalam penelitian ini data yang sudah terkumpul akan dianalisis dengan teknik statistik. Analisa data dilakukan dengan menggunakan teknik tata jenjang Spearman. Variabel pertama yang diuji adalah variabel motivasi menonton (X) dengan penggunaan media (Z). Dan variabel kedua yang diuji adalah variabel penggunaan media (Z) dengan kepuasan menonton (Y). Dengan memperhatikan derajat kebebasan df = N - 2 = 80 - 2 = 78 serta taraf signifikannya 0.05 maka nilai df terletak antara angka 60 dan 120 sehingga dapat diketahui t tabelnya antara 1,671 dan 1,658. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus diatas, diambil kesimpulan bahwa penelitian ini menerima hipotesa penelitian yang telah dijelaskan sebelumnya. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa motivasi responden dalam menonton tayangan ”Wisata Kuliner” sangat menentukan dalam penggunaan media di Trans TV. Dan penggunaan media di Trans TV berpengaruh terhadap kepuasan penonton dikalangan Mahasiswa AMPTA Yogyakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    J Political Science > JA Political science (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Andika Setiawan
    Date Deposited: 22 Jul 2013 17:26
    Last Modified: 22 Jul 2013 17:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7937

    Actions (login required)

    View Item