PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN JIGSAW MELALUI HIPERMEDIA DAN MODUL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Paron Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2009/2010)

Lukitaningsih, Tri (2010) PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN JIGSAW MELALUI HIPERMEDIA DAN MODUL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Paron Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2009/2010). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Adanya perkembangan teknologi informatika di dunia pendidikan, setiap satuan pendidikan berlomba untuk melengkapi diri dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang memungkinkan pemanfaatan infrastruktur untuk menunjang peningkatan kualitas serta pemberian layanan kepada peserta didik melalui berbagai sarana teknologi informatika (IT), antara lain media computer, media internet dll. Sejalan dengan itu dari pemerintah sendiri selalu merenovasi kurikulum pendidikan dengan tujuan agar dapat diterapkan pada lembaga pendidikan sesuai dengan jenjang dan tingkatan masing-masing. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah. (http://id.wikipedia.org/wiki/Kurikulum_Tingkat_Satuan_Pendidikan) commit to user Semenjak diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan yang intinya memberikan peluang kepada tiap-tiap satuan pendidikan untuk menyusun sebuah kurikulum yang disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Utamanya pendidik yang dalam hal ini merupakan satu komponen yang langsung berperan dalam proses pembelajaran dituntut untuk dapat mengembangkan pembelajaran yang inovatif. Hal ini akan mengubah paradigma dalam proses pendidikan khususnya proses pembalajaran. Perubahan proses pembelajaran lebih menekankan dan menjadi lebih mementingkan peran serta didik dan karakteristik sumber daya yang ada pada tiap-tiap satuan pendidikan. Pembelajaran berpusat pada siswa, oleh karenannya siswalah yang diharapkan dapat berperan aktif dalam mengeksplorasi dan menginterprestasikan pengetahuan dan permasalahan baru yang dibandingkan, dikombinasikan, dan dianalisa dengan pengetahuan dasar yang telah dimiliki oleh peserta didik. Proses pembelajaran lebih diutamakan daripada hasil yang diperoleh. pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered) cenderung lebih memperlihatkan paradigma pendidikan saat ini sebagaimana yang terkandung dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. commit to user Pembelajaran IPA biologi (Sains) di SMP bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut: (1) Meningkatkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaanNya, (2) Mengembangkan pemahaman tentang berbagai macam gejala alam, konsep dan prinsip IPA yang bermanfaat dan .............................................

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Ardhi Permana Lukas
    Date Deposited: 22 Jul 2013 17:22
    Last Modified: 22 Jul 2013 17:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7931

    Actions (login required)

    View Item