IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 1 TAYU KAB. PATI JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2008/2009

MUDAH, NIKMAH (2009) IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 1 TAYU KAB. PATI JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Other thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF - Published Version
Download (1955Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada mata pelajaran Seni Budaya kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Tayu, Kabupaten Pati yang meliputi materi, sumber, media, metode, dan evaluasi pembelajaran. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif serta studi kasus tunggal terpancang. Sumber data dalam penelitaan berupa manusia, kejadian atau peristiwa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan kajian isi. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi sumber atau data dan riveu informan. Teknik analisis data digunakan reduksi data, display data, dan penarikan simpulan. Sedangkan tahap-tahap prosedur penelitian adalah tahap pralapangan, tahap pengerjaan lapangan, dan penyusunan laporan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan : Pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya dengan KTSP di SMA Negeri 1 Tayu Pati Jawa Tengah adalah: (1) Materi pembelajaran Seni Budaya adalah : materi seni rupa modern/kontemporer, seni rupa modern/kontemporer mancanegara, konsep penciptaan dan aliran seni rupa modern/kontemporer mancanegara, apresiasi karya seni rupa terapan, berekspresi karya seni rupa murni dan terapan nusantara. (2) Sumber pembelajaran Seni Budaya adalah: buku-buku pelajaran seni rupa, hasil karya seniman, contoh karya seni rupa di majalah Visual Art, kliping karya seni rupa dengan bermacam-macam aliran seni lukis, katalog-katalog pameran lukisan (3) Media pembelajaran Seni Budaya adalah: soft media dan hard media. Soft media yang digunakan guru dalam pembelajaran seni budaya yaitu materi apresiasi seni rupa modern/kontemporer dan ekspresi karya seni rupa murni dan terapan nusantara . Hard media yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran di kelas masih sederhana yaitu berupa spidol hitam, whiteboard. (4) Metode pembelajaran Seni Budaya adalah: Ceramah, tanya jawab, diskusi, pemberian contoh, penugasan. (5) Evaluasi pembelajaran Seni Budaya adalah: Penilaian hasil penugasan dan penilaian sikap, aspek-aspek yang dinilai dari materi gambar realis yaitu balance, proporsi, teknik goresan, warna. Aspek-aspek yang dinilai dari materi gambar nonrealis yaitu balance, proporsi, teknik goresan, warna, kreativitas. Aspek-aspek yang dinilai dari materi gambar poster yaitu proporsi, balance, warna, teknik goresan, keterkaitan tema dengan gambar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Lutvi Satriyo Putro
    Date Deposited: 22 Jul 2013 17:17
    Last Modified: 22 Jul 2013 17:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7916

    Actions (login required)

    View Item