ANALISIS BRAND LOYALTY MEREK BAKERY ROTI KECIL DI KOTA SURAKARTA

Giscar HP, Alan (2008) ANALISIS BRAND LOYALTY MEREK BAKERY ROTI KECIL DI KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta .

[img] PDF - Published Version
Download (1868Kb)

    Abstract

    Tingkat loyalitas konsumen dalam penggunaan suatu merek tertentu merupakan hal yang perlu menjadi perhatian penting bagi perusahaan. Apabila merek tersebut mampu menciptakan pelanggan yang loyal terhadap merek tersebut,hal itu akan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan karena pelanggan yang benar-benar loyal tidak akan mudah berpindah pembeliannya terhadap merek lain. Roti Kecil merupakan usaha yang bergerak di bidang bakery.Merek ini telah dikenal oleh masyarakat khususnya di Jawa Tengah. Namun dengan tingkat persaingan yang cukup tinggi khususnya di bidang usaha bakery,sangat perlu bagi Roti Kecil mulai mengarahkan perhatiannya tentang loyalitas konsumen terhadap merek Roti Kecil. Tujuan peneltian ini dilakukan adalah untuk mengetahui seberapa jauh tingkat loyalitas konsumen menggunakan merek Roti Kecil selama ini. Penelitian ini dilakukan di head office Roti Kecil jalan Ovensari, Kadilangu, Baki, Sukoharjo. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen Roti Kecil yang pernah mengkonsumsi produk-produk Roti Kecil lebih dari satu (1) kali di kotamadya Surakarta. Sampel yang diambil berjumlah 100 orang dan responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah konsumen Roti Kecil yang pernah mengkonsumsi produk-produk Roti Kecil lebih dari satu (1) kali di kotamadya Surakarta khususnya di cabang Urip Sumoharjo, Veteran dan RM Said. Teknik pengambilan sampling dilakukan dengan menggunakan metode convenience sampling. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, penyebaran kuesioner, studi pustaka dan observasi langsung ke objek penelitian. Setelah didapatkan jawaban dari konsumen melalui kuesioner yang dibagikan,tiap jawaban dibagi menjadi beberapa kategori sesuai tingkatan brand loyalty mulai dari switcher ,habitual buyer, satisfied buyer, liking the brand dan committed buyer. Hasil perhitungan brand loyalty menunjukkan bahwa konsumen Roti Kecil merasa puas dan menyukai merek Roti Kecil. Namun pada tingkat committed buyer, cenderung mengalami penurunan jumlah konsumennya. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Roti Kecil harus meningkatkan loyalitas konsumennya melalui inovasi produk maupun pelayanan yang lebih berkualitas sehingga konsumen tidak memindahkan pembeliannya ke merek lain. Kata kunci : brand loyalty, switcher, habitual buyer,satisfied buyer, liking the brand dan committed buyer

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Riza Umami Nur K
    Date Deposited: 22 Jul 2013 17:12
    Last Modified: 22 Jul 2013 17:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7907

    Actions (login required)

    View Item