PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN PADA SISWA KELAS II SDN KRAGILAN 2 TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Nur Hidayat, Arif (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN PADA SISWA KELAS II SDN KRAGILAN 2 TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1624Kb)

    Abstract

    Arif Nur Hidayat. NIM X7108627. Penerapan Model Pembelajaran Quantum untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian pada Siswa Kelas II SDN Kragilan 2 Tahun pelajaran 2009/2010. Skripsi, Surakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi perkalian melalui model pembelajaran quantum di kelas II SD Negeri Kragilan 2 Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan hasil belajar matematika pada materi perkalian, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran quantum. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Kragilan 2 Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen yang berjumlah 17 siswa. Peneliti dalam memilih subjek bukan secara individual, tetapi secara klasikal. Pengumpulan data dilakukan dengan, observasi, tes, dan dokumen. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus yang terbagi dalam 5 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 68 dengan presentase siswa yang memperoleh nilai diatas KKM adalah 70,6%. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 72,9 dengan presentase siswa yang memperoleh nilai diatas KKM adalah 82,4%. Pada siklus III nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 81,8 dengan presentase siswa yang memperoleh nilai diatas KKM adalah 94,1%. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran quantum dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi perkalian pada siswa kelas II SDN Kragilan 2 Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2009/2010.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Users 831 not found.
    Date Deposited: 22 Jul 2013 16:52
    Last Modified: 22 Jul 2013 16:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7867

    Actions (login required)

    View Item