PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KIT IPA SEQIP PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGASEM I TAHUN PELAJARAN 2004 – 2005

Paryanto , (2009) PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KIT IPA SEQIP PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGASEM I TAHUN PELAJARAN 2004 – 2005. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2689Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) mengetahui penggunaan media Kit IPA SEQIP dalam meningkatkan motivasi belajar siswa; 2) penggunaan media Kit IPA SEQIP dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas IV SD N Karangasem I tahun pelajaran 2004/2005. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model tiga siklus tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester II SD Negeri Karangasem I Kecamatan Laweyan Kota Surakarta tahun pelajaran 2004/2005. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, kuesioner, dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan model alur dari Kemmis dan Taggart yang intinya mengidentifikasi perkembangan dan perubahan subjek setelah subjek diberi perlakuan khusus atau dikondisikan pada situasi tertentu dengan pembelajaran tindakan dalam kurun waktu tertentu dan berulang-ulang sampai program dinyatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Pembelajaran dengan menggunakan media Kit IPA SEQIP dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas IV terhadap mata pelajaran IPA. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya motivasi belajar siswa pada setiap siklus tindakan; dan 2) Pembelajaran dengan menggunakan media Kit IPA SEQIP dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa Kelas IV. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya tingkat ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus tindakan yang dilakukan. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada Siklus I hanya 16 orang atau 40%. Jumlah ini mengalami peningkatan pada Siklus II hingga menjadi 25 orang atau 62,50%. Tingkat ketuntasan belajar siswa pada Siklus III mengalami peningkatan lagi hingga mencapa 35 orang atau 87,50%. Sisanya sebanyak 5 orang atau 12,50% yang belum mencapai ketuntasan belajar pada Siklus III diberi pengayaan berupa pendalaman materi. Kata Kunci: Prestasi Belajar, motivasi belajar, media, Kit IPA, SEQIP

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Andika Setiawan
    Date Deposited: 22 Jul 2013 16:47
    Last Modified: 22 Jul 2013 16:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7857

    Actions (login required)

    View Item