KEGIATAN COMMUNITY RELATIONS BAGI CITRA PERUSAHAAN (Studi Deskriptif Kualitatif Kegiatan Community Relations Public Affairs PT Djarum dalam rangka menjaga citra perusahaan di masyarakat Panjunan, Kudus Tahun 2009)

W., ADHITYA ARIS (2009) KEGIATAN COMMUNITY RELATIONS BAGI CITRA PERUSAHAAN (Studi Deskriptif Kualitatif Kegiatan Community Relations Public Affairs PT Djarum dalam rangka menjaga citra perusahaan di masyarakat Panjunan, Kudus Tahun 2009). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1244Kb)

    Abstract

    Adhitya Aris W, D0205027, KEGIATAN COMMUNITY RELATIONS BAGI CITRA PERUSAHAAN (Studi Deskriptif Kualitatif Kegiatan Community Relations Public Affairs PT Djarum dalam rangka menjaga citra perusahaan di masyarakat Panjunan, Kudus Tahun 2009). Skripsi (S-1) Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2010. Suatu perusahaan tentu harus mampu menjaga hubungan dengan komunitas di sekitar perusahaan karena mereka mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan. Salah satu hubungan yang harus dibina oleh PR dalam suatu perusahaan adalah hubungan dengan komunitas (community relations). Reputasi perusahaan tergantung pada bagaimana perusahaan itu diterima oleh masyarakat setempat di mana perusahaan itu berada. Jauh sebelum istilah Community Relations dan CSR mulai dikenal di Indonesia, PT Djarum sudah menerapkan praktik Community Relations pada tahun 1977 melalui misi “Menghijaukan Kota Kudus” yang pada saat itu gersang dan panas sebagai bentuk kesadaran tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kota Kudus tempat PT Djarum berdiri. Tidak berhenti pada upaya menghijaukan Kudus saja, pada rentang tahun 1980-1985 PT Djarum membagikan 60.000 bibit mangga pada warga di 59 desa di Kudus termasuk Panjunan, kelurahan dimana PT Djarum berdiri untuk ditanam di pekarangan agar tumbuh semangat menghijaukan halaman rumah seluruh masyarakat Kudus. Dan nilai panen buah mangga tahun 1991 berdasarkan catatan Dinas Perekonomian Pemkab Kudus mencapai 2,5 milyar rupiah. Upaya PT Djarum dalam menjaga hubungan baik dengan masyarakat sekitarnya yang dirintis sejak dulu, tentu saja menciptakan persepsi masyarakat tentang PT Djarum. Melalui kegiatan Community Relation yang terus di implementasikan secara berkelanjutan oleh Public Affairs PT Djarum di Panjunan, dipandang sebagai salah satu cara untuk menciptakan dan menjaga citra PT Djarum. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sebenarnya proses kegiatan Community Relations Public Affairs PT Djarum dalam rangka menjaga citra perusahaan di masyarakat Panjunan, Kudus Tahun 2009. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif, yang pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi nonpartisipan, wawancara mendalam, dan studi pustaka. Informan dipilih berdasarkan purposive sampling. Analisis data yang diperoleh menggunakan model interaksi Miles dan Huberman, dan keabsahan data itu sendiri diuji menggunakan triangulasi sumber. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa bahwa kegiatan Community Relations Public Affairs PT Djarum mampu menjaga citra perusahaan di Masyarakat Panjunan, Kudus karena selama pelaksanaan kegiatan Community Relation terjadi proses PR yang meliputi tahap pengumpulan fakta, perumusan masalah, perencanaan dan pemrograman, aksi dan komunikasi dan tahap evaluasi. Proses PR tersebut berpedoman kepada proses perencanaan strategis program Community Relations yang dibuat oleh Public Affairs PT Djarum.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Muhammad Yahya Kipti
    Date Deposited: 22 Jul 2013 16:35
    Last Modified: 22 Jul 2013 16:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7848

    Actions (login required)

    View Item