EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMPUTER DENGAN METODE STAD PADA KOMPETENSI PECAHAN DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SD/ MI SE-KECAMATAN SELOGIRI TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Kurniawan, Heru (2010) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMPUTER DENGAN METODE STAD PADA KOMPETENSI PECAHAN DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SD/ MI SE-KECAMATAN SELOGIRI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Masters thesis, Pasca Sarjana.

[img] PDF - Published Version
Download (588Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah prestasi belajar siswa dengan pembelajaran berbasis komputer (PBK) dengan metode STAD akan lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran dengan metode ekspositori. (2) Apakah prestasi siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar sedang. Apakah prestasi siswa dengan motivasi belajar sedang lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar rendah. (3) Apakah prestasi siswa yang dikenai PBK dengan metode STAD pada siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih baik dari siswa dengan motivasi belajar sedang. Apakah prestasi siswa yang dikenai PBK dengan metode STAD pada siswa dengan motivasi belajar sedang lebih baik dari siswa dengan motivasi belajar rendah. (4) Apakah prestasi siswa yang dikenai pembelajaran ekspositori pada siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih baik dari siswa dengan motivasi belajar sedang. Apakah prestasi siswa yang dikenai pembelajaran ekspositori pada siswa dengan motivasi belajar sedang lebih baik dari siswa dengan motivasi belajar rendah. (5) Apakah prestasi siswa dengan motivasi belajar tinggi pada siswa yang dikenai PBK dengan metode STAD lebih baik dari siswa yang dikenai pembelajaran ekspositori. (6) Apakah prestasi siswa dengan motivasi belajar sedang pada siswa yang dikenai PBK dengan metode STAD lebih baik dari siswa yang dikenai pembelajaran ekspositori. (7) Apakah prestasi siswa dengan motivasi belajar rendah pada siswa yang dikenai PBK dengan metode STAD lebih baik dari siswa yang dikenai pembelajaran ekspositori. Penelitian menggunakan metode penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD/MI Se-Kec. Selogiri Kab. Wonogiri. Sampling dilakukan dengan Stratified Cluster Random dan terpilih sebagai sekolah eksperimen adalah SD N 1 Krisak, SD N 1 Tekaran, dan SD N 1 Keloran. Sedangkan sekolah kontrol adalah SD N II Nambangan, SD N III Tekaran, dan SD N III Jaten. Teknik pengumpulan data prestasi belajar matematika kompetensi pecahan menggunakan tes pilihan ganda. Sedangkan data keadaan motivasi belajar siswa menggunakan angket motivasi belajar. Teknik analisa data menggunakan uji-t, uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors, uji homogenitas dengan uji Bartlett, uji hipotesis dengan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, dan uji lanjut pasca anava dengan uji komparasi ganda metode Scheffe. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Prestasi siswa yang dikenai PBK dengan metode STAD lebih baik daripada prestasi siswa yang dikenai metode ekspositori pada kompetensi pecahan. (2) Prestasi siswa dengan motivasi belajar tinggi sama dengan siswa dengan motivasi belajar sedang. Prestasi siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih baik dari pada siswa dengan motivasi belajar rendah. Prestasi siswa dengan motivasi belajar sedang lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar rendah. (3) Pada siswa yang dikenai PBK dengan metode STAD prestasi siswa dengan motivasi belajar tinggi sama dengan siswa bermotivasi belajar sedang, sedangkan prestasi belajar siswa dengan motivasi tinggi lebih baik daripada siswa dengan motivasi rendah, dan prestasi belajar siswa bermotivasi sedang sama dengan siswa bermotivasi rendah. (4) Pada siswa yang dikenai pembelajaran ekspositori prestasi siswa bermotivasi belajar tinggi sama dengan siswa bermotivasi belajar sedang, sedangkan prestasi belajar siswa bermotivasi tinggi sama dengan siswa bermotivasi rendah, dan prestasi belajar siswa bermotivasi sedang sama dengan siswa bermotivasi rendah. (5) Prestasi belajar pada siswa bermotivasi belajar tinggi yang dikenai PBK dengan metode STAD lebih baik daripada siswa yang dikenai pembelajaran dengan metode ekspositori. (6) Prestasi belajar pada siswa bermotivasi belajar sedang menunjukkan hasil yang sama, baik dikenai PBK dengan metode STAD maupun dikenai pembelajaran dengan metode ekspositori. (7) Prestasi belajar pada siswa bermotivasi belajar rendah menunjukkan hasil yang sama, baik dikenai PBK dengan metode STAD maupun dikenai pembelajaran dengan metode ekspositori

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Lutvi Satriyo Putro
    Date Deposited: 22 Jul 2013 16:33
    Last Modified: 22 Jul 2013 16:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7845

    Actions (login required)

    View Item