SIKAP KONSUMEN PASAR SWALAYAN TERHADAP SAWI CAISIM ORGANIK DI KOTA SURAKARTA

SEBAYANG , GEBRIYAN ISABELLA (2010) SIKAP KONSUMEN PASAR SWALAYAN TERHADAP SAWI CAISIM ORGANIK DI KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (587Kb)

    Abstract

    Gebriyan Isabella Sebayang, H0306060. 2010. Sikap Konsumen Pasar Swalayan Terhadap Sawi Caisim Organik di Kota Surakarta. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Salah satu produk pertanian organik yang mendapat perhatian lebih dari masyarakat Indonesia yaitu sayuran. Sawi hijau yaitu salah satu jenis sayuran dikenal pula sebagai caisim atau sawi bakso. Begitu banyak manfaat dan kegunaan dari sawi caisim. Hal tersebut tentu dapat menjadi kriteria masyarakat untuk mengkonsumsi sawi caisim khususnya sawi caisim organik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut yang memenuhi sifat ideal menurut konsumen dan sikap konsumen terhadap sawi caisim organik. Sawi caisim organik yang diteliti adalah sawi caisim organik yang dipasarkan di pasar swalayan di Kota Surakarta. Metode dasar penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pelaksanaan penelitian menggunakan metode survei. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive) yaitu Kota Surakarta dengan mengambil 2 pasar swalayan. Penentuan sampel dilakukan dengan metode judgement sampling, dengan jumlah responden 96 yang terdiri dari 53 responden di Hypermart Solo Grand Mall dan 43 responden di Hypermart Solo Square. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer kemudian dianalisis menggunakan Analisis Model Sikap Angka Ideal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden sawi caisim organik berjenis kelamin perempuan, mayoritas pada kelompok umur 36-50 tahun, tingkat pendidikan mayoritas adalah S1, jenis pekerjaan sebagai wiraswasta, tingkat pendapatan mayoritas adalah > Rp. 1.250.000, dan mayoritas jumlah anggota keluarga adalah 5 orang. Berdasarkan analisis tingkat kepentingan atribut sawi caisim organik diketahui bahwa atribut yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam melakukan pembelian secara berurutan adalah atribut kebersihan, kesegaran produk, kemasan, dan harga. Berdasarkan analisis masing-masing atribut menurut sifat ideal konsumen dapat diketahui bahwa atribut-atribut pada sawi caisim organik belum memenuhi sifat ideal menurut konsumen adalah harga, kebersiha produk dan kesegaran produk, sedangkan atribut yang sudah memenuhi sifat ideal konsumen adalah atribut kemasan. Hasil penelitian juga menunjukan sikap konsumen terhadap sawi caisim organik adalah baik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Budianto Erwin
    Date Deposited: 22 Jul 2013 16:21
    Last Modified: 22 Jul 2013 16:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7829

    Actions (login required)

    View Item